Akankah Proses Cuci Darah Menyembuhkan Penyakit Ginjal?

Gagal ginjal menjadi satu alasan terbesar yang mengharuskan penderita melakukan proses cuci darah atau dialisis. Proses ini merupakan salah satu pilihan menangani penyakit ginjal. Namun, mampukah dialisis mengakhiri masalah ginjal?

Proses cuci darah mampu membantu melaksanakan peran ginjal dalam menyaring zat sisa dalam tubuh. Prosedur ini akan memelihara dan meningkatkan kualitas hidup. Sebagian dapat tetap bekerja, berlibur, dan menjalani hidup normal dengan dialisis.

Namun dialisis tidak akan menyembuhkan penyakit ginjal. Dialisis juga tidak berfungsi efektif layaknya ginjal sehat. Walaupun sudah menjalani dialisis, kamu tetap perlu memerhatikan asupan makanan, minuman, dan obat-obatan.

Penanganan dialisis dibutuhkan seumur hidup kecuali transplantasi ginjal dilakukan. Kamu tidak dapat menghentikan dialisis secara sepihak. Kalau pun kamu ingin berhenti mendapat dialisis, keinginan tersebut harus dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter.

Meski memiliki manfaat besar untuk menunjang kualitas hidup yang lebih baik bagi penderita penyakit ginjal, dialisis mempunyai beberapa risiko. Proses cuci darah juga tidak dapat menggantikan fungsi ginjal sehat atau menyembuhkan penyakit ginjal.