Akankah Instagramstory mengalahkan snapchat?

aplikasi

(Julia ferlin) #1

Media social sempat heboh karena adanya fitur baru pada Instagram yang disebut Instagram story.
Fitur ini diklaim mengikuti aplikasi media social yang sudah ada, yakni snapchat.
Apakah snapchat dapat bersaing dengan fitur baru ini?


(Muhamad Adeseno Marantisa) #2

Saya rasa fitur baru pada Instagram, yatu Instagram Stories memang mirip dengan fitur yang ada ada snapchat. Tetapi fitur pada instagram stories belum cukup lengkap layaknya pada snapchat. Karena di instagram stories belum terdapat fitur filter pada kameranya. Selain itu, salah satu keunggulan pada instagram stories adalah saat kita telah selesai membuat instagram stories entah itu foto atau video, semua orang bisa melihat foto atau video kita tanpa harus menjadi teman atau followers terlebih dahulu berbeda dengan snapchat yang mengharuskan penggunanya untuk menjadi teman supaya bisa melihat aktivitas dari seseorang itu.


(Neala Agita) #3

Saya setuju dengan pendapat Anda. Keunggulan snapchat memang jauh lebih layak dibandingkan dengan instagram stories.

Perbedaan yang terlihat jelas adalah face filters, geofilters, time stamps, weather dan speed gauges yang biasa kita pake di Snapchat. Terdapat fitur “Memory” yang memungkinkan kita ngepost sesuatu yang bersifat throwback, sedangkan di Instagram Stories masih belum bisa. (sumber: http://www.gogirlmagz.com/news/buzz/instagram-stories-apa-bedanya-dengan-snapchat-B74209.html)

Dari segi tampilan, Instagram Stories memang terlihat cantik. Namun, untuk yang terbiasa menggunakan Snapchat, akan lebih nyaman dengan tampilannya yang lebih familiar. Selain itu, Snapchat juga membagi stories ke dalam kategori yang lebih jelas, seperti stories yang baru muncul dan mana yang sudah lama. Sedangkan Instagram hanya menggeser tampilan stories lama ke kanan setiap ada penambahan baru. Cara kerja Snapchat dengan pertimbangan kecepatan pengambilan Snap dan kemudahan berinteraksi dengan orang lain terasa lebih unggul. Meski filter di Instagram Stories masih sedikit, namun fitur ini memiliki kapasitas warna dan jenis coretan yang lebih bervariasi, seperti coretan yang memiliki efek terang (glow). Namun, Snapchat bisa menandingi ini dengan beberapa sticker eksklusif yang lucu-lucu.

Kita juga belum tau senjata apalagi yang akan diluncurkan Snapchat untuk menangkal serangan Instagram ini. Satu hal yang pasti adalah jika Snapchat masih begitu-begitu saja, maka Instagram Stories akan cepat mengejar ketinggalannya. (sumber: http://mozaic.co.id/male/instagram-stories-versus-snapchat/)


(Julia ferlin) #4

Saya sebagai remaja jelas setuju dengan anda. Benar bahwa tampilan dan fitur filter yang dimiliki snapchat dapat menandingi fitur pada instagram stories. Namun, jika dilihat dari sisi global dan perkembangan bisnis yang ada, bagaimana snapchat dapat bertahan melawan instagram? Yang saya maksud disini adalah, bedasarkan diagram yang saya ambil dari http://knowledge.creatingresults.com/2013/11/01/seniors-marketing-and-instagram-and-snapchat/

terlihat jelas bahwa pengguna instagram jauh lebih banyak. Hal tersebut berkemungkinan membuat stategi marketing pemasaran atau bisa dikatakan pemasangan iklan akan lebih cenderung dilakukan di instagram. Lebih lagi, dengan adanya fitur baru instagram yakni instagram story. Jika kita berfikir efektif, mengapa kita harus menggunakan 2 aplikasi yang berbeda, jika sudah ada 1 aplikasi dengan fitur yang sama. Nah, hal ini yang saya pertanyakan akankah kedepannya snapchat hanya akan menjadi sejarah seperti halnya friendster dan myspace?


(Ade Listiawan) #5

Saya setuju dengan julia ferlin, mengingat statiska yang ada pada tahun 2015 lalu yakni sebelum Instagram sebelum ada storygram. Instagram masih unggul dalam jumlah pengguna terbanyak. Mengingat perkembangan teknologi sangat cepat, meskipun instagram belum memiliki banyak feature, instagram telah lama mengalahkan snapchat. Dan untuk perkembangan storygram sendiri hanyalah masalah waktu. Sekali lagi, perkembangan teknologi sekarang tidak bisa dihindari

Mengingat juga myspace awal sosmed yang sangat friendly user dan juga friendster, namun kenapa malah sekarang facebook yang jadi juara sosmed pada waktu itu?