Adakah yang tau tentang tari kreasi Soyong ?


(Tika Niviana) #1

Ketika SMP, saya senang sekali mengikuti ektra kulikuleer seni tari dan sering tampil di beberapa acara. Tema tari yang saya tampilkan lebih ke tari kreasi.


(Brigita Janesta Sinaga) #2

Tari soyong ini menceritakan tentang seorang gadis yang sedang “kemayu-kemayunya”. Tari soyong sering ditampilkan dalam acara yang tidak resmi, namun juga dapat ditampilkan dalam acara resmi seperti pernikahan.
Tari Soyong dilakukan harus sesuai dengan ketukan irama gamelan atau musik,dan ditarikan sesuai dengan lemah lembutnya gerakan dan perasaan yang menyertai tarian tersebut. Tarian ini sendiri merupakan tarian yang sering digunakan dalam beberapa acara yang biasanya diadakan pada daerah ini sendiri,. Tarian ini sendiri pada dasarnya memakai property kipas dan juga sampur. Dimana kostum yang dipakai pada pementasan ini sendiri adalah baju lengan pendek warna kuning dengan rok panjang yang berwarna kuning serta dikombinasikan degan warna merah, pada tarian ini sendiri biasanya dihiasi dengan kalung, suweng dan juga gelang untuk memperindah penampilan dari para penari yang ada.