Adakah tips sederhana cara mengurus Visa hingga berhasil mendapatkannya?

travelling

Bagi kamu yang bercita-cita untuk ke luar negeri, beberapa negara mewajibkan visa bagi para wisatawan Indonesia. Keberadaan visa ini memang membuat para wisatawan ketar-ketir. Mulai dari memikirkan jumlah tabungan minimum, mengisi formulir, menyiapkan dokumen, dan lainnya. Adakah tips sederhana cara mengurus Visa hingga berhasil mendapatkannya?

Bagi kamu yang belum pernah mencoba apply visa atau bahkan malah pernah merasakan ditolak visanya, kamu bisa mengikuti tips sederhana berikut ini. Tips yang sederhana tapi kadangkala terlewatkan olehmu.

  1. Mencari tahu info lengkap seputar visa suatu negara
    Sebelum apply visa, cobalah untuk mencari tahu info lengkap seputar visa suatu negara. Kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi mereka atau membaca blog dari para traveler yang sudah pernah ke sana. Selain itu, jika ada kenalan yang sudah pernah ke sana, tentu akan lebih enak bertanya langsung mengenai pengalaman mereka dalam mengajukan aplikasi visa sampai sukses mengadakan perjalanan ke negara tersebut. Biasanya ada tips dan trik yang bisa kamu gali.

  2. Menyiapkan dokumen dengan lengkap dan benar
    Buatlah checklist untuk mempermudah kamu menyiapkan dokumen dengan lengkap dan benar. Ikuti segala petunjuk yang diminta. Terkadang kamu juga harus jeli memperhatikan kriteria secara detail. Terkadang ketidaktelitian ini bisa menghambat kamu dalam proses apply visa. Selain itu, isi formulir yang benar.

  3. Bukti keuangan yang meyakinkan
    Ini memang salah satu syarat yang penting dalam mengajukan aplikasi visa ke suatu negara. Beberapa negara secara jelas mencantumkan nominal namun banyak yang tidak mencantumkan nominal. Di sinilah pentingnya untuk googling dan mencari tahu info dari pengalaman orang lain. Jumlah tabungan tentunya disesuaikan dengan berapa lama kamu berada di negara tujuan. Tips yang penting adalah pastikan rekening bank kamu memiliki mutasi yang aktif. Selain itu, hindari uang nominal besar yang masuk secara mendadak. Hal ini bisa menimbulkan kecurigaan dari pihak embassy. Selain bukti rekening bank, kamu bisa meyakinkan dengan bukti keuangan lain seperti slip gaji.

  4. Yakinkan bahwa kamu pasti akan kembali ke Indonesia
    Satu alasan kenapa visa kamu bisa ditolak, yakni ketidakyakinan pihak embassy bahwa kamu akan kembali ke Indonesia. Biasanya saat apply visa, kamu akan diminta reference letter sebagai salah satu dokumen yang harus disiapkan. Tiket kembali ke Indonesia biasanya juga jadi salah satu syarat. Beberapa negara juga ada yang melakukan interview. Di sini kamu harus tampak santai dan percaya diri. Terakhir, jika semua dokumen lengkap dan meyakinkan, pastikan kamu berdoa juga. Karena kita tidak akan pernah tahu apakah keberuntungan akan terus berada di pihak kita atau tidak.

Sumber: