Adakah tips merawat gigi behel?

Siapapun itu tentunya menginginkan gigi yang indah dan tampak cantik. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun anda tidak perlu berputus asa sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel. Adakah tips merawat gigi behel?

Berikut tips merawat gigi berbehel agar tetap sehat :

  • Bagi pengguna baru
    Biasanya orang yang baru menggunakan kawat gigi akan menimbulkan rasa sakit selama berhari-hari pada area giginya. Hal ini dikarenakan gigi belum dapat langsung beradaptasi dengan behel yang digunakan. Untuk menghilangkan rasa nyerinya kita bisa membuat minuman dengan 1 gelas air yang sudah ditambahi 2 sendok garam untuk dikumur-kumur.

  • Menggunakan sikat gigi khusus
    Sikat gigi khusus sangat direkomendasikan bagi anda yang menggunakan behel/kawat gigi. Gunakanlah sikat gigi yang bebrbulu halus dan lembut karena lebih efektif membersihkan gigi berbehel.

  • Hindari permen karet
    Ada baiknya orang yang menggunakan kawat gigi tidak untuk mengkonsumsi permen karet lagi, hal ini dikarenakan permen karet memiliki tekstur yang lembut dan lengket yang akan melekat pada gigi kawat.

  • Hindari makanan keras
    Makanan yang bertekstur keras bisa sangat berpengaruh pada kawat gigi karena membuat gigi akan terasa nyeri saat mengunyah bahkan bisa membuat behel terlepas. Sebaiknya makanan yang bertekstur keras dipotong kecil-kecil dahulu sebelum dikonsumsi.

  • Hindari minuman bersoda
    Minuman bersoda mungkin tidak berapa pengaruh bagi orang yang tidak menggunakan behel, namun beda halnya orang yang menggunakan behel karena minuman bersoda dapat menimbulkan karang gigi atau plak diarea kawat gigi.

  • Hindari mengkonsumsi jagung utuh
    Biasanya orang yang menggunakan kawat gigi sudah mengetahui hal ini, karena mengkonsumsi jagung secara utuh dapat merusak kawat gigi.

Sumber: http://doktersehat.com/tips-merawat-gigi-behel-agar-tetap-sehat/