Adakah tips membuat vlog saat travelling?

tips ngevlog travelling

Kalau kamu punya kesempatan untuk travelling ke luar negeri, jangan sia-siain kesempatan tersebut untuk mengabadikannya. Selain bisa untuk dokumentasi pribadi, bikin vlog saat travelling bisa jadi konten untuk sosial media kamu. Kalau keren, bisa jadi viral dan panjat sosial. Nah, buat kamu yang udah ada rencana ke luar negeri dalam waktu dekat, adakah tips bikin vlog?

1. Bikin penonton seakan-akan ikut dalam perjalananmu
Hal pertama yang wajib kamu terapkan adalah bikin penonton vlogmu seakan-akan jadi bagian dalam perjalananmu. Dokumentasiin dari awal perjalananmu dari rumah, nunggu boarding, naik pesawat, kegiatan di pesawat mulai dari makan, tidur dan baca buku, sampai di bandara negara tujuan dan kegiatanmu selama di sana. Bakalan lebih baik lagi kalau kamu cantumin jam setiap halnya. Jadi, sang penonton bisa seakan-akan ikut time travel juga denganmu.

2. Kasih komentar pribadi
Buat bikin engagement dengan penonton vlog, jangan sungkan untuk kasih komentar pribadi. Misalnya, saat berada di pesawat, kamu ngerasa bosan atau pegal, nggak ada salahnya untuk nyelipin hal tersebut di videomu. Apalagi kalau kamu ngunjungi kafe hits atau bahkan coba makanan lokal di sana. Penonton yang bermimpi ngunjungin negara tersebut pasti penasaran banget dengan pendapat pribadimu.

3. Abadikan momen saat ngobrol dengan orang lokal
Viewers-mu pasti pernah denger gimana orang Korea kalau berbicara, atau bahkan gimana logat bahasa Inggris orang Australia. Tapi, vlogmu pasti jadi lebih seru kalau kamu abadikan momen saat ngobrol dengan orang lokal. Entah saat kamu lagi nanya alamat, atau bahkan ngajak ngobrol orang lokal saat lagi makan di food court.

4. Abadikan momen saat mencoba hal baru
Setiap hal yang kamu lakuin di sana pasti menarik bagi para viewers. Jadi, pastiin kamu mengabadikan momen saat pertama kali kamu mencoba hal baru. Mulai dari coba makanan lokalnya, naik tram, atau bahkan saat pertama kali kamu sampai di bandara dan ngeliat banyak hal baru. Jangan ragu ngebagiin momen tersebut dengan penonton vlog kamu nantinya.

5. Masukan timelapse
Hal yang paling menarik juga untuk dimasukin ke vlog adalah timelapse. Kamu bisa nge-timelapse-in suasana kerlap kerlip menara Eiffel yang muncul setiap jamnya, atau bahkan timelapse suasana wara-wiri kesibukan di Shibuya. Meski cuma berdurasi 30 detik, pasti hal tersebut menarik banget untuk ditonton.

Sumber: