Adakah tempat unik lain di Bali?

tempat unik di Bali

Pulau cantik satu ini selalu ramai jadi tujuan wisata baik turis domestik maupun internasional. Bali punya banyak hal untuk ditawarkan untuk beragam tipe turis. Yang suka surfing, Bali punya pantai-pantai dengan ombak tingginya di Uluwatu. Yang suka yoga dan spiritual, Bali punya Ubud. Yang suka belanja, bisa shop-hopping di kawasan Seminyak. Yang gemar hiburan malam, Kuta dan Legian adalah tempatnya. Tapi bosan dengan semua itu atau sekadar ingin sesuatu yang baru dan berbeda, adakah tempat unik lain di Bali?

Kelima tempat ini bisa coba kalian kunjungi:

1. Taman Festival
Terletak di pesisir pantai Sanur di Selatan pulau Bali, tempat ini merupakan taman hiburan yang tak sempat dibuka dan kini terbengkalai. Berkunjung ke tempat ini kalian akan merasa seolah berpindah dunia seperti Alice yang tersesat di Wonderland. Kalau kalian suka foto-foto tempat ini cukup menarik dan sangat instagrammable. Tapi kalian harus hati-hati dengan adanya kemungkinan binatang liar yang mungkin saja berkeliaran disana.

2. Pohon Beringin Raksasa
Pohon beringin raksasa ini bisa kalian temukan di desa Gesing, di Bali Utara. Pohon beringin ini dipercaya sudah berusia 700 tahun, memliki tinggi 85 meter dengan diameter batang 70 meter. Dekat dengan pohon ini kalian bisa menemukan dua Pura yaitu Pura Subak dan Pura Pecalang. Saking besarnya pohon ini, kalian juga bisa masuk ke bagian bawah pohon ini dimana akar-akarnya membentuk lorong-lorong yang bisa kamu lalui. Menurut legenda, dulu pada saat penjajahan Belanda, para penduduk setempat bersembunyi di dalam pohon ini dan tentara Belanda tak bisa menemukan mereka karena roh-roh yang tinggal di pohon memberi perlindungan pada para penduduk itu.

3. Bunut Bolong
Bunut bolong ini adalah objek wisata berupa pohon bunut, sejenis beringin suci raksasa. Pohon ini terletak di Bali Barat tepatnya di Desa Manggisari, Kabupaten Jembrana. Keunikan bunut bolong ini adalah lubang besar yang terdapat di bagian bawah pohon yang bisa dilewati bahkan oleh dua mobil yang berdampingan. Di samping Bunut Bolong ini juga terdapat Pura yaitu Pura Pujangga Sakti. Meski lokasinya cukup jauh tempat ini sangat layak dikunjungi karena masih alami, dengan hutan dan perkebunan cengkeh tak jauh dari sana.

4. Sidemen
Kalau kalian termasuk pecinta alam yang suka trekking sambil melihat pemandangan sawah, lembah dan hutan yang masih alami dan sepi, tempat ini cocok banget buat kalian. Kalau cuaca lagi bagus kalian bisa melihat pemandangan Gunung Agung yang indah dengan jelas. Di wilayah yang masuk dalam kabupaten Karangasem ini kalian juga bisa melakukan rafting dan juga trekking sampai ke Gunung Agung. Tempat ini juga terkenal sebagai penghasil kain tenun ikat endek dan songket bali.

5. Pura Lempuyang Luhur
Pura ini terletak di kabupaten Karangasem dan termasuk salah satu pura tertua yang diagungkan di Bali. Dipercaya kalau dengan mendaki hingga puncaknya bisa meringankan beban berat jiwa. Meski demikian pendakian menuju puncak pura ini bukanlah hal yang mudah. Kalian bisa naik motor sampai ke kaki tangga pura tapi setelahnya kalian harus menapaki 1.700 anak tangga untuk sampai ke puncak. Tapi semua itu terbayar karena pemandangan yang akan kalian lihat dari puncak sangat indah sekali.

Sumber: