Adakah tempat mistis di Indonesia yang sering dikunjungi traveller?

tempat wisata mistis

Dengan kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, kita sebagai orang Indonesia memang harus bersyukur. Rasanya Indonesia nggak pernah habis untuk dijelajahi deh. Apalagi tempat-tempat wisata yang menawarkan beragam keunikan. Selain keindahannya, adakah tempat mistis di Indonesia yang sering dikunjungi traveller?

1. Desa Truyan, Bali
Kalau pertama ke Bali selain harus mengunjungi pantainya, Desa Truyan yang ada di dekat Danau Batur juga harus dikunjungi. Desa unik punya cara pemakamannya sendiri yang berbeda dengan kebiasaan warga Bali yang membakar jenazah. Di sini warga asli Desa Truyam dimakamkan hanya dengan cara ditaruh di bawah pohon Teru Menyan. Jadi kalau mengunjungi desa ini kamu sudah pasti melihat banyak tengkorang yang berjejer di sepanjang jalan. Walaupun agak ngeri Desa Truyan ini sangat dikenal.

2. Tana Toraja, Sulawesi
Nggak berbeda jauh dengan cara pemakaman di Desa Truyan, Tana Toraja juga punya cara pemakaman yang unik. Di sini makam-makan orang Toraja terdapat di bukit-bukit yang memiliki goa. Jenazahnya hanya akan dimasukkan ke dalam goa kecil ini. Selain itu ada juga prosesi pengukuburan dengan cara jenazahnya dibuat menjadi mumi dengan cara dibalsem. Prosesi penguburan di Tana Toraja juga menjadi daya tarik tersendiri karena pesta yang diadakan sangat meriah. Kayaknya kamu harus melihat prosesi ini secara langsung, setidaknya satu kali.

3. Pelabuhan Ratu, Sukabumi
Kalau soal kisah laut selatan yang penuh dengan cerita mistisnya pasti sudah banyak yang tahu ya. Salah satu lokasi yang selalu dianggap punya kekuatan yang lebih misterius adalah Pelabuhan Ratu. Di sini dipercaya ada kerajaan bawah laut yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul. Walaupun pantai ini mempunyai kisah-kisah mistis, masih banyak orang yang datang ke sini setiap tahunnya. Bahkan setiap tahunnya ada lomba surfing tingkat internasional yang diadakan di sini loh.

4. Lawang Sewu, Semarang
Museum yang baru-baru ini dikonservasi juga mendapatkan predikat museum terseram di Indonesia. Banyak yang percaya kalau Lawang Sewu ini banyak penunggunya. Apalagi sebelum dikonservasi, banyak orang yang sampai nggak berani datang ke museum ini loh. Percaya nggak percaya banyak orang yang mengalami kejadian aneh di tempat ini. Konon dulu Lawang Sewu ini adalah pusat pertempuran ketika terjadi pertempuran lima hari di tahun 1945.

5. Goa Belanda dan Jepang, Bandung
Lagi-lagi peninggalan jaman Belanda nih, walaupun banayak goa belanda dan jepang yang tersebar di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adanya di Bandung nih. Kalau kamu ke sini kamu bisa tracking terlebih dahulu, walaupun agak melelahkan ya tapi boleh dicoba sekali-kali. Goa Belanda dan Jepang ini juga banyak cerita seramnya. Katanya banyak orang yang mendengar suara-suara aneh ketika sedang berkunjung ke sini. Dulunya goa ini dimanfaatkan sebagai ruang tahanan di jaman penjajahan.

Sumber:
https://www.shopback.co.id/blog/7-tempat-mistis-di-indonesia-yang-sering-dikunjungi-traveller