Selama ini para pemasar lebih banyak memfokuskan pada bagaimana caranya memproduksi dan memasarkan produknya saja. Para pemasar kurang memperhjatikan bagimana sebenarnya reaksi dari konsumen yang mengonsumsi produk tersebut. Sekarang, banyak perusahaan-perusahaan mulai kritis mengenai tingkah laku konsumen akan suatu produk, mereka mulai banyak melakukan penelitian yang dapat membantu mereka untuk mengetahui keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen tersebut.
Lalu, adakah hal yang esensial yang mempengaruhi perilaku konsumen?
Saat ini seperti yang kita tahu, perusahaan melakukan berbagai macam riset dengan melihat dari macam faktor yang akan membantu mereka seberapa jauh konsumen menerima produk-produk yang dilihat di pasaran.
Konsumen tentunya ingin mendapatkan produk dan jasa serta pemuas kebutuhan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah :
Kenalilah konsumen anda
Berilah apa yang mereka inginkan
Gunakan mediay ang menjadi sasasran dan media baru
Gunakan non-media
Capailah konsumen di toko
Tajamkan promosi anda
Bekerjasama dengan pengecer dalam memasarkan barang
Disisi lain, ada 4Premis Esensial yang mempengaruhi perilaku konsumen, yakni :
Konsumen adalah raja
Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian
Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif yang menanggapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu
Bujukan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan pengalaman hukum, etika dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
4 premis tersebut perlu mendapat perhatian, sebab bila keempat premis ini diabaikan, konsekuensinya hampir selalu negatif.
SUMBER : Nawarcono, Winanto. 2008. Customer Research Modul.