Adakah pilihan perawatan yang bisa mengobati kista gigi serius?


(hirzi pratama) #1

abses

Walau banyak yang tak akan menyadari bahwa benjolan tanpa rasa sakit bisa berupa kista, sebaiknya segera menempuh metode diagnosa seperti rontgen, namun tetap perhatikan juga bahaya rontgen. Sesudah benar-benar kondisi dipastikan dan berupa kista gigi, barulah dokter bisa memberikan solusi perawatan paling sesuai. Tergantung dari ukuran kista dan lokasinya, adakah pilihan perawatan yang bisa mengobati kista gigi serius?


(Mohammad Arda ) #2

Berikut adalah beberapa pilihan perawatan yang bisa mengobati kista gigi serius.

  1. Terapi Endodontik
    Pada beberapa kasus kista gigi, terapi endodontik adalah yang paling sesuai sehingga dapat diandalkan. Supaya infeksi tidak menjadi serius dan parah lebih jauh, maka diperlukan terapi ini dengan tujuan menjaga kesehatan pulpa gigi. Tak hanya itu, kesehatan jaringan periapeks pun dapat dipertahankan melalui terapi ini. Jika pulpa gigi yang sudah terkena infeksi dirawat secara benar, ini adalah cara tepat supaya fungsi gigi bisa kembali normal dan sempurna.

  2. Perawatan Akar Gigi
    Pada prosedur perawatan ini, dokter gigi biasanya akan mengebor dan menciptakan lubang melalui akar gigi untuk bisa masuk sampai bagian dalam gigi. Seperti disebutkan sebelumnya, ada abses yang terlebih dulu ada sebelum kista terbentuk, jadi demi membersihkan nanah yang baik, proses perawatan ini pun diperlukan.

  3. Operasi Gigi
    Salah satu jenis solusi perawatan yang tepat bagi kista gigi yang ganas adalah mengangkat gigi yang terinfeksi. Pada sejumlah kasus, ketika dua solusi perawatan yang telah diulas sebelumnya tidaklah efektif, otomatis menghilangkan gigi secara permanen melalui operasi adalah jalan satu-satunya. Sesudah gigi diangkat, dokter baru bisa melakukan pembersihan total akan kista yang ada.

Untuk langkah pencegahan supaya kista tak kembali tumbuh, dokter juga kemungkinan akan menambahkan senyawa tulang buatan usai membersihkan kista. Ketika sudah diangkat secara permanen, pasien tak perlu khawatir karena itu artinya untuk mengatasi gigi yang sudah diangkat, akan ada implan baru.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/kista/kista-gigi-yang-ganas