Adakah pengaruh jika tanaman terkena air cucian pakaian?

Jika tanaman yg kita sedang tanam terkena air cucian pakaian apakah dapat menyebabkan tanaman tumbuh tidak normal atau bahkan kematian tanaman?

1 Like


Dampak yang ditimbulkan apabila air buangan mengandung deterjen dibuang ke perairan atau ke tanah adalah pencemarandan gangguan ekosistem biota perairan dan tanah. Deterjen pada umumnya terbuat dari bahan-bahan kimia dan senyawa bermacam-macam.

Pencemaran deterjen terhadap air dapat menyebabkan biota yang ada dalam air menjadi kekurangan oksigen, yang dikarenakan permukaan air tertutup oleh busa dari deterjen. Sedangkan untuk pencemaran terhadap tanah, deterjen dapat menyebabkan tanah menjadi keras.

Untuk mengurangi kerusakan struktur tanah akibat deterjen maka dilakukan langkah penambahan bahan organik, dan dengan adanya penambahan bahan organik maka tanah strukturnya akan membaik sehingga tanah dapat digunakan sebagai media tanam yang baik sehingga akan berakibat pada pertumbuhan tanaman yang baik.

Tanah dengan kondisi keras tidak baik untuk tanaman, karena akan mempengaruhi drainase pada tanah tersebut dan terganggu. Tanaman akan kesusahan dalam memperoleh air karena terhambat pada tanah yang keras akibat terkena air cucian atau deterjen.

Sumber :
Widyastuti Diena, Zaenal K dan Syekhfani. 2017. Pengaruh Bahan Organik Dan Deterjen Terhadap Tanah Dan Pertumbuhan Tanaman Sawi. J : Konservasi Sumberdaya Hutan Ilmu Kehutanan : 01(

1 Like

izin menjawab kak. Tentu saja ada pengaruh jika tanaman terkena air cucian khususnya dari detergen, hal ini bisa menyebabkan pencemaran tanah karena terdapat limbah kimia yang bisa membuat tanah tercemar sehingga akan berepngaruh pada tanaman yang tumbuh di atas tanah tersebut, hal ynag akan terjadi seperti, tumbuhan yang akan mati, warna tumbuhan menjadi kuning, dan bisa saja meracuni manusia dan hewan jika tanaman tersebut di konsumsi. Tetapi, jika air tersebut adalah air bekas cucian beras, itu bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan tanaman karena terdapat bahan organik di dalam beras.

1 Like

Izin menjawab ya. Menurut saya ada pengaruh negatif dari air cucian tersebut. Detergen terurai dalam hitungan minggu hingga bulanan. Bahan yang terkandung dalam detergen adalah filler (pengisi). Filler adalah bahan tambahan detergen yang tidak mempunyai kemampuan meningkatkan daya cuci, tetapi menambah kuantitas. Contohnya Sodium sulfat. Adapun bahan aditif, bahan tambahan untuk membuat produk lebih menarik, misalnya pewangi, pelarut, pemutih, pewarna. Contoh dari aditif adalah enzim, boraks, Natrium klorida, Carboxy methyl cellulose (CMC). Dimana zat-zat tersebut ada yang tidak bisa dihancurkan oleh mikroorganisme sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Limbah detergen juga menyebabkan pencemaran tanah yang menurunkan kualitas kesuburan tanah yang mengakibatkan tanaman serta membuat cacing menjadi mati. Padahal cacing berfungsi untuk menguraikan limbah organik maupun non organik dan menyuburkan tanah. Jadi, limbah air detergen menyebabkan penurunan tingkat kesuburan tanah atau disebut dengan pencemaran tanah. Pencemaran tanah mengakibatkan tanaman serta cacing menjadi mati. Karena jika cacing mati maka tidak ada yang menguraikan limbah organik maupun non organik pada tanah dan tanah menjadi tidak subur. Pencemaran tanah juga dapat mengganggu segala aktivitas makhluk hidup. Terima kasih.

1 Like

Bismillah…tentu saja ada pengaruhnya. Air cucian pakaian yang bercampur dengan sabun cui mengandung bahan kimia. Apabila bahan kimia mengenai tanaman tentu akan terjadi reaksi kimia dalam tubuh tanaman. Yang mana reaksi tersebut pastinya akan mempengaruhi tumbuh dan kembang tanaman

1 Like