Adakah pantai terunik di dunia, seperti apa bentuk pantainya?

pantai unik

Pantai yang ada dalam bayanganmu pasti sebuah tempat dengan hamparan laut dan pasir halus yang luas serta pemandangan pepohonan dan tebing indah yang menghiasi sekeliling pantai. Tapi tidak hanya hamparan pasir dan lautan yang indah, adakah pantai terunik di dunia, seperti apa bentuk pantainya?

1. Desert Beach
Pada umumnya pantai identik dengan lautan,bagaimana jika ia ada ditengah pada pasir? Fenomena ini hanya berlaku di Brazil. Gurun ini memiliki pasir putih dan juga laguna air berwarna biru jernih. Gurun pasir putih ini sudah terbentuk sejak ribuan tahun silam. Konon pasir putih gurun ini berasal dari dasar sungai yang mengendap di muara sungai,kemudian pasir tersebut kembali ke daratan karena terbawa arus laut dan hembusan angin. Sejuknya oasis yang menghampar di gurun pasir putih ini semakin cantik dengan airnya yang berwarna biru dan hijau tosca.

2. Hot Water Beach
Kalo biasanya pemandian air panas terdapat dilereng-lereng gunung,beda halnya dengan pantai yang ada di Selandia Baru ini. Air mineral panas alami terlihat menguap dari dalam bumi yang keluar melalui pantai yang bernama hot water beach ini. Kamu dapat menggali kolam spa sendiri di pasir yang terdapat disalah satu sisi pantai saat air laut lagi surut,saat airnya keluar, kamu dapat berendam dikolam yang kamu buat tersebut. Pasti agak aneh ya berendam di kolam air panas yang letaknya nggak jauh dari air laut yang dingin.

3. Glass Beach
Pantai dengan kondisi alam yang unik karena pasir yang berada dipantai ini terdiri dari butiran kaca. Pantai yang terletak dipesisir Mendocino California ini. Pasirnya bercampur dengan pecahan pecahan beling yang memenuhi hampir seluruh pesisir pantai. Anehnya lagi pecahan-pecahan kaca ini tidak melukai kaki,malahan justru tampak indah seperti kerikil-kerikil yang terbuat dari batu permata. Awal mula kaca-kaca ini berasal dari beling dan pecahan botol kaca limbah rumah tangga dan mengalami erosi karena air laut,sehingga permukaannya menjadi halus dan tampak seperti manik-manik kaca yang indah.

4. Hidden Beach
Kalo pantai biasanya gampang di temuin karena lokasinya yang terbuka. Namun beda lagi nih dengan Playa de Amor. Pantai yang satu ini tersembunyi di salah satu kepulauan Marieta Meksiko. Untuk mengakses pantai ini kamu harus berenang dulu melewati terowongan sempit sejauh 24 meter,barulah kamu bisa masuk ke pantai tersembunyi yang indah ini. Pantai ini sudah di yakini terbentuk sejak abad-abad yang lalu akibat aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Dulu pemerintah meksiko menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk melakukan tes militer. Konon beberapa ledakan disana telah merusak jutaan flora dan fauna dan juga berperan dalam pembentukan the hidden beach ini.

5. Glowing Beach
Kamu pasti tahu kan keindahan pantai di Maldives. Nah disini ada pantai yang memiliki keindahan yang unik dari yang lain. Tepatnya dipulau Vadoo. Di pulau ini terdapat pantai yang dapat mengeluarkan warna biru yang sangat indah dan terlihat sangat jelas di malam hari. Luapan ombak yang bercahaya biru membuat siapapun akan takjub dan terkagum kagum,ternyata cahaya biru itu berasal dari Plankton Bioluminescence. Yang dimana bila kamu menyentuhnya atau adanya gerakan air laut itu ia akan mengeluarkan cahaya biru yang sangat indah.

Sumber: