Adakah panduan untuk pemula yang ingin melakukan sepeda travelling?

sepeda travelling

Traveler memang memiliki banyak cara buat menempuh jalur ke tempat yang dituju. Dari yang caranya “high class” menggunakan pesawat sampai backpacking-hitchhiking yang relatif lebih murah. Ada pula cara traveling yang menyehatkan, yang saat ini sedang berkembang juga di Indonesia. Salah satu cara touring dan traveling yang cukup murah dan menyehatkan yaitu bersepeda. Ya, kendaraan beroda dua ini sekarang menjadi trend tersendiri bagi para traveler atau yang memang penggila hobi sepeda. Adakah panduan untuk pemula yang ingin melakukan sepeda travelling?

Untuk kamu yang baru mau menggeluti hobi ini, terutama yang akan digunakan untuk touring dan traveling, ini panduan sederhana untuk pemula yang ingin melakukan sepeda travelling:

  • Manfaat Unik Touring dan Traveling Bersepeda
    Manfaat yang jelas terlihat adalah, bersepeda menyehatkan. Walaupun semua kegiatan fisik memiliki manfaat, namun dibandingkan berlari, jogging, atau aktivitas lain dengan resiko cedera sendi besar, bersepeda relatif memiliki resiko cedera sendi yang rendah. Walau demikian, kalori yang terbakar cukup banyak. Menurut salah satu penelitian, bersepeda selama satu jam dapat membakar lebih dari 650 kalori bagi mereka yang memiliki berat sekitar 80 kilogram. Jika kita bersepeda di jalur off-road atau menaiki bukit, tubuh bagian atas juga ikut dilatih. Bersepeda juga membuatmu dapat menjelajahi jalur yang tidak dapat dicapai oleh motor, mobil, atau kendaraan umum lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menikmati pemandangan, bertemu orang-orang atau hal-hal baru yang bisa kamu temui selama di perjalanan. Selain kedua hal tersebut, bersepeda dapat menghemat biaya traveling atau touringmu. Kamu tidak perlu membeli bahan bakar atau biaya perawatan yang mahal seperti mobil. Biaya yang harus kamu keluarkan biasanya bekal perjalanan, atau pelumas dan peralatan bersepeda yang diperlukan.

  • Memilih Rute Perjalanan
    Saat memilih rute perjalanan, pertimbangkan jalur yang belum pernah kamu lewati sebelumnya. Dengan banyak aplikasi yang ada sekarang, kamu dapat dengan mudah menemukan jalur yang hendak kamu tempuh. Untuk membantu lagi, kamu bisa bertanya kepada teman atau forum bersepeda yang dapat dengan mudah dihubungi melalui media sosial. Cobalah berkonsultasi, berdiskusi dengan mereka yang lebih berpengalaman sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan info yang krusial terkait rute perjalananmu. Jika ini benar-benar pertama kalinya kamu bersepeda, lebih disarankan jika kamu tidak sendirian. Mintalah ditemani guide atau mereka yang berpengalaman.

  • Memilih Waktu Touring atau Traveling Bersepeda
    Sama seperti liburan lainnya, merencanakan touring atau traveling dengan menggunakan sepeda juga membutuhkan banyak hal, tergantung kapan jadwal touring atau travelingmu. Pertimbangkan berapa lama kamu akan bersepeda. Bukan hanya berapa hari yang diperlukan, tetapi juga berapa jam per hari yang akan kamu gunakan untuk menempuh perjalanan dengan sepedamu. Periksa ramalan atau perkiraan cuaca sebelum dan saat menempuh perjalanan. Bersepeda saat cuaca panas akan lebih berat karena cairan yang kita keluarkan jauh lebih banyak dan stamina yang diperlukan lebih besar dibandingkan saat cuaca biasa saja. Begitu pun saat hujan, akan memberikan hambatan tersendiri. Buat jadwal rencana perjalanan (itinerary) sebelum berangkat. Usahakan tetap berpatokan dengan itinerary yang sudah kamu susun. Ini membantumu mengetahui berapa jarak yang harus kamu tempuh per hari. Selain itu, kamu juga dapat mengatur akomodasi yang diperlukan selama perjalanan. Banyaknya orang yang terlibat akan berdampak pada waktu perjalanan. Teman yang bersamamu mungkin hanya dapat bersepeda selama sekian jam atau hari sebelum kembali bekerja atau ke aktivitas rutin mereka. Atau, jika hanya kamu sendiri yang bersepeda, semua perlengkapan kamu yang bawa. Berbeda jika kamu traveling atau touring bersama teman-teman, kamu bisa berbagi barang bawaan kalian.

  • Persiapan Touring atau Traveling Bersepeda
    Sebelum memulai perjalanan, tentukan perjalanan seperti apa yang akan kamu ambil. Jenis perjalanan akan menentukan jenis sepeda yang akan kamu gunakan. Jenis tour bersepeda yang umumnya adalah fast cycle tours, slow cycle tours, lightweight cycle tours, heavyweight cycle tours, on-road cycle tours, off-road cycle tours, short-term cycle tours, dan long-term cycle tours. Untuk peralatan yang diperlukan, yang paling penting adalah peta atau GPS, pompa sepeda, dan botol air. Namun jika kamu berencana untuk berkemah selama perjalanan, tentu ada peralatan lain yang harus kamu persiapkan sebelumnya.

Sumber: