Adakah obat atau tanaman herbal untuk menyembuhkan sakit tenggorakan?

Sakit tenggorakan sangat mengganggu bagi penderitanya terutama saat menelan makanan. Apakah ada obat atau tanaman herbal yang ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan?

image

  1. CUKA SARI APEL
    Cuka apel bisa sering digunakan untuk bumbu makanan. Selain itu digunakan untuk menyembuhkan jerawat.
    Tapi cuka apel juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Kandungan asam asetet di dalam cuka apel, bisa membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.
    Cara membuat ramuannya pun sangat mudah. Anda bisa mencampurkan dengan segelas air hangat. Minum pada pagi hari setelah bangun tidur.
    Pengobatan secara rutin akan menyembuhkan radang tenggorokan secara alami. Anda juga bisa menambahkan dengan sesendok madu.
    Disamping itu juga Cuka apel biasa digunakan untuk menyembuhkan sakit tumit secara alami.

  2. AKAR MARSHMALLOW
    Ketika mendengar akar marshmallow, mungkin anda berpikir tentang makanan marshmallow. Tapi ini berbeda.
    Marshmallow merupakan sebuah tanaman bunga, dengan bunga berbentuk terompet. Di akarnya mengandung zat gelatin, yang akan membuat tenggorokan lebih lega, sehingga radang tenggorokan cepat sembuh.
    Ambilah beberapa buah akar marshmallow. Jemur sampai kering. Kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih.
    Minum air rebusannya dua kali sehari secara rutin. Minum selagi hangat, supaya tenggorokan lebih lega. Tambahkan madu supaya rasanya lebih enak.

  3. TANAMAN ECHINACEA DAN SAGE
    Kedua tanaman obat tradisional radang tenggorokan ini, ternyata begitu ampuh menyembuhkan penyakit anda. Banyak tubuh di daerah asia dan mediterania.
    Sudah banyak orang yang memakai tanaman ini untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Echinacea bisa membantu membunuh bakteri yang menginfeksi sedangkan tanaman sage akan meringankan peradangan tenggorokannya.
    Anda bisa memakai akar atau daunnya. Rebus sampai mendidih dan minum air rebusannya secara rutin setiap hari.

  4. KAYU MANIS
    Kayu manis atau cinnamon, anda pasti tidak asing dengan tanaman ini. Sering digunakan untuk bumbu masakan. Terkadang juga pelengkap teh atau kopi.
    Kayu manis ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga bisa menyembuhkan infeksi radang tenggorokan dengan cepat.
    Anda bisa menyelupkan kayu manis di satu gelas air hangat atau teh hangat. Supaya lebih mudah, gunakan kayu manis bubuk. Anda juga bisa merebus akar kayu manis dan diminum air rebusannya setiap hari.
    Selian iu bagian akarnya biasa digunakn sebagai obat alami penurun kolesterol.

  5. DAUN MINT
    Tanaman obat tradisional satu ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Bisa membuat tenggorokan lebih lega dan mengatasi bau mulut. Daun mint mengandung senyawa anti inflamasi.
    Sehingga akan menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Anda bisa membuat infus water dengan daun mint. Kemudian campur dengan jeruk lemon, mentimun dan tanaman lainnya. Anda juga bisa mencampurkan daun mint di segelas teh hangat. Ini akan membuat tenggorokan anda lebih lega.
    Selain ke 5 tanaman obat tradisional radang tenggorokan diatas, anda juga bisa mengkonsumsi madu secara rutin setiap harinya. Madu begitu ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit di tubuh.

Referensi