Adakah obat alami untuk ambeien?

Ambeien adalah pembengkakan pada pembuluh vena di bagian bawah rektum dan anus. Kondisi ini bisa menyebabkan gatal, nyeri, dan mungkin keluarnya darah dari anus.Adakah obat alami untuk ambeien?

  1. Minyak Kelapa
    Minyak kelapa telah dikenal memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu mengatasi ambeien atau wasir. Minyak ini dapat membantu meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan juga iritasi yang mungkin timbul akibat ambeien.

Semakin lengkap, minyak ini dapat memberi efek laksatif sehingga membantu meredakan sembelit yang dapat memicu ambeien bertambah parah.

Kamu dapat mengonsumsi minyak kelapa secara teratur atau mengoleskannya pada area ambeien. Untuk manfaat optimal, pilihlah minyak kelapa yang minim proses pengolahan.

Penggunaan minyak kelapa mungkin menyebabkan efek samping seperti diare dan kram perut. Untuk itu, mulailah dengan satu sendok teh per hari. Usahakan tidak mengonsumsinya lebih dari tiga sendok teh per hari.

  1. Gel Lidah Buaya (Aloe Vera)
    Lidah buaya dipercaya bermanfaat untuk banyak kondisi kesehatan termasuk ambeien. Pasalnya, gel tumbuhan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala ambeien.

Kamu cukup mengoleskan gel ke area anus. Langkah ini dilakukan untuk meredakan rasa gatal dan perih akibat ambeien.

Tetapi, perlu diingat, pilihlah gel lidah buaya semurni mungkin tanpa campuran bahan lain. Pasalnya, ada beberapa jenis bahan tambahan yang justru bisa memperparah kondisi.

Selain itu, beberapa orang mungkin alergi pada gel lidah buaya. Jadi, coba dulu dengan mengoles gel dalam jumlah sedikit pada lengan bagian bawah dan tunggu selama 24-48 jam untuk melihat apakah muncul reaksi alergi.

  1. Minyak Kulit Kayu Manis
    Menurut sebuah studi, minyak kulit kayu manis disebut dapat meredakan inflamasi sekaligus mendorong pertumbuhan jaringan sehat. Kedua hal ini bisa membantu mengurangi gejala ambeien.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengoleskan campuran 3 sampai 5 tetes minyak kayu manis dalam 30 mL minyak kelapa atau minyak almond, pada area ambeien.

Tetapi, beberapa orang mungkin sensitif akan penggunaan minyak kulit kayu manis ini. Jadi, pastikan untuk melakukan uji alergi terlebih dahulu seperti pada poin gel lidah buaya.

  1. Minyak Cengkeh
    Minyak esensial murni dari cengkeh juga dikenal dapat membantu mengatasi ambeien. Minyak ini bahkan disebut dapat membantu meringankan kondisi fisura ani, yaitu robekan jaringan akibat trauma pada anus dan saluran anal.

Minyak ini bisa kamu beli di apotek atau toko makanan sehat. Selain itu, perlu diingat bahwa minyak cengkeh mungkin menyebabkan iritasi bila kamu memiliki kulit sensitif.

Beberapa bahan alami lain seperti psyllium (tanaman herbal dari India yang juga dikenal dengan nama P.ovata), cuka sari apel dan witch hazel (Hamamelis virginiana) (tanaman bunga dengan kandungan astringen yang berasal dari Amerika) juga dapat membantu mengatasi ambeien.

Dari ketiga bahan tambahan tersebut, kamu perlu berhati-hati saat menggunakan cuka sari apel. Pasalnya, dalam jumlah yang berlebihan, cuka ini dapat memicu rasa terbakar pada kulit dan memperparah peradangan.

Beberapa obat ambeien alami mungkin berasal dari bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari seperti cengkeh dan minyak kelapa. Namun, beberapa bahan lain perlu dicari ke apotek atau toko khusus, seperti minyak kulit kayu manis serta witch hazel.

https://www.dokterbabe.com/artikel/obat-ambeien-alami/