Adakah negara yang tidak ramah pada perokok?

negara bebas rokok

Hari Tanpa Tembakau yang selalu diperingati setiap tanggal 31 Mei ini menjadi gerakan yang diikuti banyak negara. Walaupun diperingati setiap tahun toh buktinya masih banyak negara yang acuh pada perokok. Di antara negara-negara yang ada di dunia, adakah negara yang tidak ramah pada perokok?

1. Singapura
Seperti yang kamu sudah ketahui Singapura memang dikenal sebagai negara dengan ratusan aturan. Salah satu peraturan yang memiliki denda tinggi adalah merokok di tempat umum. Singapura memang mengatur ketat soal perokok, hanya tempat-tempat tertentu saja yang diperbolehkan untuk merokok. Denda sebesar 1.000 SGD atau setara dengan 10 juta rupiah akan diberlakukan pada siapapun yang merokok di ruang publik.

2. Bhutan
Bhutan juga memiliki aturan yang cukup ekstrim untuk perokok dan industri rokok. Negara yang berada di Asia Selatan ini benar-benar melarang tembakau mulai dari penanaman, produksi, sampai penjualan. Siapapun yang ketahuan melakukan hal yang sangat dilarang ini akan mendapatkan hukuman kurung. Begitu juga dengan perokok aktif yang merokok sembarangan.

3. Malaka
Rasanya kita ketinggalan jauh dengan negara tetangga Malaysia. Malaka adalah satu-satunya kota di Malaysia yang bebas dari asap rokok. Warga lokal dan turis internasional tentu saja tidak bisa merokok di kota ini. Jika kedapatan merokok maka kamu harus menanggung denda sebesar 100-5000 ringgit atau sama dengan 300 ribu-1,5 juta rupiah. Udara di Malaka tentu saja mempunyai kualitas yang lebih baik.

4. Jepang
Perokok aktif akan setuju jika Jepang dinobatkan sebagai neraka bagi perokok. Di negara Sakura ini harga rokok sangat mahal dan tempat merokoknya pun sangat terbatas. Tempat-tempat merokok memang disediakan tapi jaraknya sangat jauh. Jadi tentu saja kamu akan berpikir dua kali ketika ingin merokok.

5. Norwegia
Jumlah peredaran rokok di Norwegia menurun drastis. Penuruan ini disebabkan oleh peraturan pemerintah yang melarang merokok di semua tempat tertutup. Kebiasaan para perokok pun menurun drastis karena tidak bisa leluasa merokok di tempat umum. Selain tempat umum, Norwegia juga melarang perokok merokok di transportasi umum.

Sumber: