Adakah musisi yang kesal dengan lagunya sendiri?

Adakah di dunia ini musisi yang kesal dengan lagu Hitsnya sendiri?

Radiohead - Creep

Lagu Creep dari Radiohead tergolong karya yang fenomenal. Sejak dirilis pada 1992, lagu ini perlahan tapi pasti menguasai berbagai tangga lagu.

Thom Yorke mengakui memiliki nama panggilan sendiri untuk lagu tersebut, yaitu ‘crap’ alias ‘sampah’, bahkan ketika ia menggarapnya saat menjadi mahasiswa di Exeter University dekade 80-an lalu.

Bukan cuma Yorke yang tampaknya sebal dengan lagu itu, gitaris Radiohead Johnny Greenwood diketahui sempat berusaha untuk mengacaukan lagu tersebut. Mereka pun memasukkan sejumlah unsur melodi lain dalam lagu tersebut.

Tapi lagu itu justru menjadi hit di berbagai tempat, dan Radiohead selalu diminta untuk membawakan lagu tersebut. Pada 1997 ketika mengadakan tur di Montreal, Yorke mengaku bosan membawakan lagu tersebut ketika diminta penggemarnya.

“Kadang [lagu itu] keren, namun sisanya saya ingin berhenti saat melakukannya dan mengatakan ‘Nah, itu tidak akan terjadi’,” kata Yorke kepada Rolling Stone pada 2017.

Oasis - Wonderwall

Lagu Wonderwall adalah salah satu lagu yang amat populer dari Oasis. Tapi sang mantan vokali, Liam Gallagher mengaku muak dengan lagu yang sukses besar itu.

“Saya tak tahan dengan lagu itu,” kata Gallagher ketika diwawancara MTV pada 2008. “Setiap kali saya mesti menyanyikannya, saya ingin muntah. Anda pergi ke Amerika dan mereka bilang ‘apakah saya Mr. Wonderwall?’ dan saya ingin meninju sesuatu,”

Bahkan, Gallaghar mengaku bagian terbaik dari album terakhir Oasis, Dig Out Your Soul adalah “setidaknya tidak ada ‘Wonderwall’ di sana.”