Adakah Kunci Sukses Menjalani Hidup?

sukses

Seperti yang kita ketahui banyak sekali kunci - kunci sukses, terutama pada bidang pekerjaan dan usaha. Namun, adakah cara untuk sukses dalam menjalani hidup manusia? Apa saja faktor yang mempengaruhi kesuksesan hidup seorang manusia?

Kunci sukses menjalani hidup ada pada diri anda sendiri. Kesuksesan hanya bisa diraih apabila diri kita sendiri menginginkannya dan berusaha sekeras mungkin untuk mewujudkannya.

Jangan terlalu mengandalkan orang lain terkait dengan kesuksesan anda, sehingga anda terjebak menjadi individu yang suka menyalahkan orang lain apabila anda mengalami kegagalan. Berikut ulasan yang menarik dari Nafis Mudrika tentang kunci sukses yang ada pada diri anda;

  1. Ia terlebih dahulu memenangkan pertempuran dengan dirinya sendiri. Ia berfikir dan yakin bahwa dirinya akan sukses. Ia bertekad kuat akan memimpin dirinya sendiri. Ia percaya dan yakin pada dirinya sendiri. Ia tahu bahwa dirinya lebih baik daripada apa yang ia pikirkan apalagi dari apa yang orang lain pikirkan.

  2. Ia melakukan tindakan. Ia membuat kebiasaan sukses dalam hidupnya. Sedikit demi sedikit namun terus menerus. Sesuatu yang sederhana namun diperlukan kesabaran dan daya juang yang tinggi. Sesungguhnya dibalik kesulitan adalah kemudahan. Sesungguhnya kemudahan itu terletak dalam kebiasaan. Kebiasaan itu terbentuk setelah kesulitan. The first is difficult and the next is easy. Jadi, ia segera mengambil langkah pertama, yakni tindakan.

  3. Ia memperhatikan hukum alam, hukum sebab akibat. Tak ada yang ajaib atau tiba-tiba terjadi tanpa suatu usaha atau sebab. Ia meninggalkan angan-angan kosong dan penyesalan. Ia tidak suka berdalih. Ia tidak mengandalkan keberuntungan namun menciptakannya.

  4. Ia percaya dan menuruti kata hatinya. Ia mengalahkan ketakutan dan emosi negatif dengan kekuatan hatinya. Kekuatan itu menggerakkannya untuk bertindak dan menghancurkan ketakutannya.

image

  1. Ia berjalan dan bertindak dengan cepat dan bersemangat. Ia setengah berlari. Ia berjabat tangan dengan jabatan yang erat. Ia tersenyum dengan ketulusan dan senyum yang lebar. Ia duduk di barisan depan dan tak ragu menjadi pemimpin. Ia melakukan sesuatu yang membuat orang lain dan dirinya merasakan kekuatan yang dahsyat dari dalam dirinya. Kekuatan keyakinan.

  2. Ia selalu berkata baik dan positif. Ia menjauhi kata-kata negatif. Ia juga pendengar yang baik dan aktif. Ia menghargai siapapun yang berbicara dengannya.

  3. Ia mempunyai lingkungan yang baik dan nomor satu. Ia tidak menghiraukan orang-orang bodoh dan gagal.

  4. Ia selalu memperhatikan input yang masuk dalam dirinya. Mulai dari nutrisi atau gizi, bacaan, tontonan, sampai percakapan/pendengaran.

  5. Ia adalah orang yang senang belajar dan selalu belajar. Ia melakukan perbaikan dan kemajuan setahap demi setahap. Ia menghargai proses.

  1. Ia bersemangat dan antusias karena berusaha mengenal sesuatu dengan lebih dalam. Mencari yang menarik dan positif.

  2. Ia menghancurkan stereotip tentang simbol dan sesuatu yang bukan hakikat… Ia tidak berfikir bahwa orang sukses itu kaya dan bermobil mewah. Mungkin saja itu hasil korupsi. Namun, ia percaya bahwa orang sukses itu adalah orang yang selalu berusaha untuk bangkit dan menjadi lebih baik. Jika kaya dan lainnya iu hanyalah sebagai indikator belaka. Ia percaya akan esensi. Ia percaya dengan idealisme dan nilainya tanpa fanatisme buta. Ia bijaksana. Sekali lagi, ia menganggap bahwa sukses itu ada di dalam hati, bukan di luar.

  3. Kesuksesan sejati itu adalah melayani, bukannya dilayani. Orang yang sukses sejatinya membuat orang lain merasa menang dengan dirinya sendiri, bukannya membuat orang lain kalah dan hancur. Ia menang, begitu juga dengan yang lain. Ia sukses, begitu juga dengan yang lain.

  4. Kesuksesan sejati terletak di dalam kesabaran dan konsistensi. Bagaimana dia melakukan kebaikan dalam tempo yang cukup lama, walaupun hanya sedikit. Mempertahankan kesuksesan itu jauh lebih sulit daripada mencapainya.

  5. Jika di film-film banyak orang berkhayal tentang mesin waktu yang dipergunakan untuk memperbaiki masa lalu untuk hari ini, ia melakukan tindakan untuk mengubah masa depan dengan memperbaikinya di hari ini.

Bill Gates adalah orang terkaya di dunia saat ini. Bill Gates tidak pernah menamatkan kuliahnya di Harvard demi mengejar bisnisnya di Microsoft. Kendati Microsoft menjelma menjadi perusahaan raksasa yang mengantarkannya menjadi orang terkaya di muka bumi selama bertahun-tahun, namun Bill Gates selalu mengatakan bahwa ia menyesal telah meninggalkan bangku kuliah. Meskipun kaya raya, Bill Gates adalah seorang filantropis terbesar di Amerika Serikat dengan sudah menyumbangkan lebih dari US$ 28 milyar untuk kegiatan amal. Terdapat 10 kunci yang senantiasa membawa Bill Gates menuju kesuksesan dalam menjalani hidup, yaitu:

  • Have Energy
    Bill Gates tidak pernah berhenti bekerja. Di awal-awal masa mengembangkan Microsoft, Bill Gates tidak pernah mengambil libur seharipun. Ia bekerja terus menerus tanpa lelah untuk mengejar ambisinya. Bill Gates sangat banyak menggunakan waktunya berada di pesawat berkeliling dunia untuk bertemu dengan klien dari berbagai negara. Semangatnya yang tidak pernah kendur pada saat menjabat sebagai CEO telah membuatnya mencapai sukses seperti saat ini.

    Saat Microsoft masih kecil, Bill Gates belum memiliki kendaraan seperti saat ini. Sering kali ia harus menaiki taksi ataupun berjalan kaki untuk menemui pelanggan. Ada banyak sekali orang yang ingin mengalami kesuksesan seperti yang dimiliki Bill Gates saat ini, namun pada kenyataannya sedikit sekali orang yang memiliki semangat dan energy seperti Bill Gates. Bill Gates mengatakan ia cukup beruntung memiliki energy yang seolah tidak ada habisnya untuk bekerja.

  • Have a Bad Influence
    Bill Gates mengatakan pada banyak kesempatan bahwa ia menyesal telah meninggalkan bangku kuliah. Namun, ia cukup bangga karena bisa mengajak Steve Ballmer untuk meninggalkan bangku kuliahnya di sekolah bisnis. Steve Ballmer kemudian menjadi CEO di Microsoft menggantikan Bill Gates. Bill Gates sangat bersyukur karena bisa menemukan seorang Steve Ballmer, seorang yang sangat dia percayai dan memiliki visi yang sama.

  • Work Hard
    Bill Gates bekerja sangat keras. Banyak pengusaha yang ingin sukses dan menikmati hidup, namun kebanyakan tidak ingin membayar harga untuk dapat menjalani hidup yang enak. Menurut Bill Gates, bekerja keras dan bekerja cerdas itu sama saja. Bekerja cerdas cocok bagi orang-orang yang sudah terlahir dengan bakat dan kejeniusan. Sedangkan bagi dirinya yang orang biasa tanpa bakat apapun, satu-satunya jalan keluar untuk meraih kesuksesan adalah bekerja keras tanpa menyerah.

    Bill Gates menekankan bahwa perbedaan besar antara pegawai dan pengusaha adalah kemauan untuk berpikir menggunakan otak. Pegawai biasa hanya berfokus untuk menjalankan perintah, itu saja. Sedangkan pengusaha harus senantiasa menggunakan otaknya untuk berpikir dan menciptakan ide-ide kreatif untuk membuat perusahaannya berkembang.

  • Create the Future
    Salah satu kemampuan terpenting seorang entrepreneur atau pengusaha adalah harus bisa melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, dan kemudian memenuhi kebutuhan tersebut. Tugas seorang entrepreneur adalah untuk memberikan nilai tambah, memberikan solusi atas permasalahan bahkan ketika tidak ada yang menyadari bahwa masalah itu ada, dan membuat hidup orang banyak menjadi lebih mudah. Bill Gates dengan Microsoftnya jelas memberikan nilai tambah dan memudahkan para pengguna komputer di seluruh dunia untuk bisa bekerja dengan lebih efisien dan efektif.

  • Enjoy What You Do
    Jalan menuju kesuksesan bisnis akan dipenuhi banyak sekali naik dan turun. Pada saat mengalami kenaikan berbisnis, semua akan terasa indah. Namun banyak pebisnis yang putus asa pada saat usahanya mengalami penurunan. Pengusaha itu hidupnya sangat penuh tantangan, selalu ada masalah yang datang setiap hari.

  • Play Bridge
    Bill Gates sangat menyukai permainan kartu yang satu ini. Bahkan saking sukanya bermain Bridge, Bill Gates menyempatkan diri bermain Bridge dengan Warren Buffett hingga berjam-jam dan akhirnya hingga kini kedua orang terkaya di bumi itu berteman baik.

  • Ask For Advice
    Meskipun berstatus sebagai orang terkaya di dunia, Bill Gates tetap meminta pendapat orang-orang di sekitarnya. Ia tidak ragu untuk meminta opini dari istrinya, anak-anaknya, rekan bisnisnya, Paul Allen dan Steve Ballmer, termasuk temantemannya seperti Warren Buffett. Tidak hanya dari orang-orang terdekat, Bill Gates juga banyak belajar dan bertanya dari pengusaha-pengusaha lainnya. Bahkan dari orang-orang yang bukan pengusaha pun, Bill Gates tetap belajar.

    Menurut Bill Gates, cara termudah dan termurah untuk mendapatkan ilmu adalah dengan belajar dari orang yang sudah mengalami apa yang akan kita tuju. Pelajari apa yang mereka lakukan sehingga sukses, namun yang lebih penting lagi adalah mempelajari kegagalan mereka sehingga anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama.

  • Pick Good People
    Bagi Bill Gates, salah satu pekerjaannya yang terpenting adalah memilih orang-orang terbaik yang memiliki visi yang sama untuk bekerja di Microsoft. Bill Gates merasakan bahwa dengan posisinya sebagai CEO, ia bisa bebas memilih dan menyeleksi siapa-siapa saja yang akan ia ajak bekerja sama dengannya membangun Microsoft. Beberapa pilihan terpentingnya jatuh kepada Steve Ballmer yang kelak menjadi CEO Microsot dan Paul Allen yang menjadi partner Bill Gates mendirikan Microsoft. Tidak peduli apapun bidang bisnis anda, pada akhirnya bisnis anda tidak akan lebih baik daripada orang-orang yang bekerja di dalamnya. Orang-orang yang anda rekrut harus memiliki visi dan kemampuan untuk bisa bekerja dalam perusahaan anda.

  • Have a Sense of Humor
    Tertawa adalah obat yang terbaik. Humor mampu meningkatkan kemampuan orang untuk beradaptasi dengan beragam situasi dan memberikan perspektif bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Coba tambahkan humor sedapat mungkin dalam kegiatan rutin anda sehari-hari. Tonton drama komedi, dengarkan siaran radio non-berita. Mempertahankan selera humor dengan baik bisa membuat anda menjadi orang yang optimis dan semakin bersemangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.Bisa juga tertawa bersama keluarga , kerabat bahkan dengan pasangan sekalipun, niscaya itu akan membuat pekerjaan/bisnis yang anda geluti.