Adakah Ketentuan Pembagian KBLI untuk Perusahaan Berbentuk CV dan PT?

Apakah ada ketentuan jelas untuk pembagian KBLI CV dan PT? Lalu jika saya tetap melanggar, apa sanksinya?

Pertama, tidak ada pembagian Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang bisa digunakan untuk badan usaha berbentuk PT atau CV. Kedua, berdasarkan pendelegasian dari Menteri Perdagangan, ada kegiatan usaha yang bisa dijalankan dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan ada yang memerlukan perizinan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah atau instansi teknis tertentu. Untuk mengetahui apakah di suatu daerah untuk kegiatan usaha bisa menggunakan SIUP atau izin lain,maka Anda harus mempelajari peraturan yang berkaitan dengan kegiatan usaha yang dijalankan dan mendatangi kantor dinas atau pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan UU Ketenagakerjaan dan penggolongan bentuk usaha berbadan hukum, bentuk perusahaan CV memang tidak diperkenankan untuk menjalankan kegiatan usaha outsourcing. Lebih jauh lagi, izin usahanya harus diajukan ke KementerianKetenagakerjaan, bukan dengan SIUP. Untuk di daerah maka diajukan ke Kantor DinasKetenagakerjaan.

Kalau perusahaan Anda masih berbentuk CV tapi berniat mengajukan izin kegiatan usaha outsourcing, maka kemungkinan besar ditolak. Kami menyarankan Anda untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.

sumber: www.hukumonline.com