Adakah kerajinan tangan yang menjadi ciri khas dari daerah Malang, Jawa Timur ?

Kita tau setiap daerah past memiliki kerajinan tangan yang menjadi khas daerah masing - masing, lalu adakah kerajinan tangan khas dari Malang?

Tentu setiap daerah memiliki kerajinan tangan yang menjadi khas daerah masing - masing, Keramik Dinoyo

Beberapa tahun lalu, di sepanjang jalan antara Dinoyo hingga Mayjen Panjaitan berdiri puluhan industri keramik. Sayangnya lambat laun kerajinan tangan ini semakin menghilang ditelan waktu. Kini hanya ada beberapa pengusaha saja yang masih bertahan dan terus berusaha melestarikan salah satu warisan leluhur ini.

Topeng Malangan

Selain keramik Dinoyo, kerajinan tangan khas Malang lainnya yang mulai pudar dimakan jaman adalah Topeng Malangan. Topeng Malangan ini terbuat dari bahan baku kayu dan menjadi salah satu aksesori wajib untuk Tari Topeng. Karena semakin sepi peminat, Topeng Malangan ini seakan tergulung ombak peradaban dan berangsur-angsur menghilang.

Batik Tulis Malang

Mungkin hanya sedikit orang yang mengenal kerajinan tangan Batik Tulis Malang. Padahal, kerajinan tangan ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Memang, Batik Tulis Malang tidak sepopuler batik-batik lainnya. Tetapi batik tulis ini memiliki ciri khas dan desain tersendiri. Budaya turun menurun sejak jaman kerajaan Kanjuruhan dan Singosari ini sudah sepantasnya untuk dilestarikan kepada anak cucu kita.

Sebagai negara yang memiliki budaya kuat, melestarikan ketiga warisan leluhur tersebut adalah sebuah kewajiban. Mulailah untuk memperkenalkan tradisi-tradisi budaya khas Indonesia di sekitar Anda kepada anak-anak agar lestari dan bertahan lebih lama.

Source: https://www.merdeka.com/gaya/kerajinan-tangan-khas-malang-yang-mulai-terlupakan.html