Adakah kaitan antara gaya hidup dengan penyakit jantung?


(マリク) #1

Bukan cuma kebiasaan atau pola hidup buruk yang bisa memicu gangguan kesehatan ini, faktor keturunan, dan kondisi jantung sendiri pun dapat berpengaruh. Adakah kaitan antara gaya hidup dengan penyakit jantung?


(Mohammad Malik Abdul Aziz) #2

Ada beberapa gaya hidup yang sebaiknya dihindari karena dapat memperbesar risikomu untuk terkena salah satu penyakit jantung di atas. Yuk, catat pilihan gaya hidup apa saja yang sebaiknya kamu jauhi!

Gaya hidup yang minim aktivitas fisik dan jarang berolahraga.
Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat yang kaya protein lemak, lemak trans, gula, dan sodium. Contohnya, gorengan, rendang, opor, dan banyak lagi.

Memiliki kebiasaan merokok. Rokok tidak hanya akan mempertinggi risiko penyakit jantung, tapi juga berbagai gangguan kesehatan lain.
Konsumsi minuman beralkohol atau berkafein secara berlebihan.
Tidak mengelola stres dengan baik. Mengatasi stres bisa kamu lakukan dengan liburan, relaksasi, maupun mengobrol dengan teman.
Mengidap diabetes dan tidak mengendalikannya dengan baik.

Jenis dan penyebab penyakit jantung yang telah dijelaskan di atas, ada yang berkaitan dengan faktor keturunan ataupun gaya hidup. Meninggalkan gaya hidup yang buruk merupakan salah satu cara untuk memperkecil risiko mengalaminya.