Adakah hal penting yang harus diperhatikan untuk menentukan kesuksesan pendakian?

pendakian

Ada banyak alternatif untuk mengisi liburan, salah satunya adalah dengan melakukan pendakian gunung. Belakangan ini kegiatan outdoor seperti mendaki gunung jadi semakin diminati. Buat kamu yang baru pertama kali melakukan pendakian, adakah hal penting yang harus diperhatikan untuk menentukan kesuksesan pendakian?

1. Riset
Sebelum melakukan pendakian kamu pasti melakukan banyak persiapan, salah satunya adalah riset. Karena kegiatan yang akan kamu lakukan ini cukup berbahaya, penting hukumnya untuk mengetahui persis lokasi gunung yang akamu kamu sambangi nanti, mulai dari kota, kecamatan dan desa tempat petualanganmu dimulai. Kamu juga perlu tau mengenai trek yang akan dihadapi, jarak yang harus ditempuh dan rata-rata waktu yang diperlukan untuk bisa sampai di tujuan untuk pendakian tersebut. Penting juga untuk mencari tau letak sumber air untuk berbagai kebutuhanmu karena tidak semua gunung memiliki sumber air yang memadai.

2. Perencanaan waktu
Setelah mendapatkan berbagai informasi, mulailah mengatur jadwal perjalanan yang sesuai dengan ketersediaanmu. Tentukan berapa lama waktu yang akan kamu berikan untuk berbaur dengan alam pegunungan dan pemandangan indahnya. Pilihlah gunung yang sesuai dengan waktu yang kamu miliki dan juga trek yang masih sederhana untuk pemula. Tak semua gunung memiliki waktu dan jarak tempuh yang sama. Setelah itu, mulailah untuk menyusun itinerary perjalanan dari rumah sampai ke tempat tujuan, perkiraan waktu pendakian sampai waktu kembali lagi ke rumah.

3. Persedian makanan
Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang menguras banyak tenaga, untuk itu perlu perhatikan asupan makanan agar tubuhmu tetap fit saat menjelajah di alam bebas seperti gunung. Bawalah makanan yang mengandung gizi tinggi untuk pemenuhan gizimu selama pendakian. Jangan lupa sesuaikan jumlah makanan yang kamu bawa dengan lamanya kamu berada di sana. Kurangi mengonsumsi makanan instan seperti mie atau makanan yang mengandung MSG karena akan membuatmu dehidrasi dan berakibat pada persediaan air yang cepat menipis.

4. Perlengkapan pendakian
Penting buat kamu menyiapkan berbagai peralatan yang mungkin akan kamu butuhkan dalam pendakian biar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Mulailah dari mencatat list apa saja peralatan yang dibutuhkan selama pendakian. Kalau ada barang yang belum kamu miliki, sekarang sudah tersedia banyak jasa penyewaan peralatan pendakian gunung, jadi nggak perlu keluar uang banyak untuk membelinya. Perhatian untuk membawa seluruh barang yang kamu butuhkan. Jangan bawa barang yang nggak dibutuhkan seperti membawa sepatu dua pasang atau jaket tiga buah biar fotomu terlihat lebih oke. Bawalah peralatan yang penting untuk kegiatan alam bebas seperti tenda, kompor, gas, kantung tidur, senter, matras, kompas dan lain-lain.

5. Olahraga
Selain menyiapkan perlengkapan, hal penting yang juga harus kamu siapkan adalah fisik. Mulailah berolahraga dengan teratur sebulan sebelum tanggal keberangkatan, lebih lama latihan, semakin baik pula bagi tubuhmu. Selama pendakian, tubuhmu akan bekerja lebih lama dan lebih keras dari biasanya, makanya kamu perlu melakukan olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh, bisa dengan jogging atau berenang. Lakukan secara rutin dan usahakan untuk meningkatkan porsi latihanmu secara perlahan. Olahraga yang cukup juga harus dibarengi dengan pola tidur yang cukup, dengan demikian, daya tahan tubuhmu akan meningkat secara perlahan. Jadi, saat liburanmu tiba, kamu akan lebih siap berpetualang, menikmati keindahan ciptaan tuhan.

Sumber: