Adakah hal-hal penting yang wajib diperhatikan untuk bisa menaiki kapal pesiar?

kapal pesiar

Melihat kapal pesiar (Cruise) yang megah dan mewah sudah membuat berdebar-debar dan girang. Apalagi jika ada kesempatan untuk merasakan bahagianya jalan-jalan dengan kapal pesiar itu. Jangan pesimis, jika kamu punya keinginan maka wujudkanlah. Bagaimana ceritanya? Adakah hal-hal penting yang wajib diperhatikan untuk bisa menaiki kapal pesiar?

1. Pilih Jadwal dan Lokasi Keberangkatan
Setelah informasi kapal pesiar kamu temukan, maka selanjutnya kamu bisa menentukan lokasi keberangkatan sekaligus pilihan tujuannya.Masing-masing kapal pesiar mempunyai informasi mengenai jalur / rute pelayaran yang berbeda. Contohnya saja ada kapal pesiar yang berangkat dari Harbour Front di Singapore, ada pula yang berangkat dari Penang dengan tujuan pelayaran masing-masing. Jadi, kamu harus teliti dan periksa kembali sebelum menentukan pilihan dan memesan jenis kapal pesiar yang akan coba.

2. Dengan Siapa?
Terkadang, mengajak banyak teman untuk travelling (dalam hal ini cruising) cukup membuat kamu merasa tidak nyaman karena beberapa hal. Ajaklah dua atau tiga temanmu saja yang memang tidak akan merepotkan selama perjalanan. Atau, kamu juga tetap bisa melakukannya seorang diri. Hal ini cukup menyenangkan, karena kamu tidak perlu memikirkan orang lain selama cruising dan juga bisa mengubah itinerary sesuka hati. Nah, baru deh setelah itu putuskan rute perjalanan dan mau berangkat dari mana. Sebagai awalnya, coba dulu pelayaran yang simple, maka kamu bisa memulai dengan pelayaran yang ada di wilayah Asia Tenggara, contohnya saja jalur Singapura, Penang, Kuala Lumpur, Port Klang, Malacca, Langkawi, Phuket, dan Krabi. Tertarik?

3. Tentukan Budget
Setelah mendapat berbagai macam informasi tentang kapal pesiar dan jadwalnya, maka mulailah tentukan budget sesuai dengan kapal pesiar yang akan kamu pilih. Sehingga kamu bisa mulai menabung dari sekarang. Periksa dengan seksama harga yang tertera di lama tempat kamu mendapatkan informasi itu. Jika meragukan, maka bertanyalah melalui email yang tertera dan galilah informasi mengenai harga dengan detail. Jangan sampai, kamu menyiapkan budget yang terlalu mepet.

4. Pesan Tiket
Setelah kamu tentukan lokasi untuk memulai pelayaran, jumlah orang yang akan ikut, kapan kamu akan berlayar, maka selanjutnya kamu bisa mulai memesan tiket kapal pesiarnya. Pilihannya adalah memesan melalui travel agent atau pesan langsung melalui situs website kapal pesiar yang kamu pilih. Memesan melalui travel agent, jika tidak memiliki kartu kredit maka kamu bisa bayar dengan cara cicilan. Biasanya travel agent lokal Indonesia akan memintamu untuk membayar DP (Down Payment) terlebih dahulu, baru 1 bulan menjelang pelayaran, kamu diminta untuk membayar pelunasannya. Sedangkan memilih melalui website kapal pesiarnya langsung, tentu saja kamu harus punya kartu kredit dengan limit yang cukup untuk membayar tagihan harga kapal pesiar kamu.

5. Pesan Tiket Pesawat
Setelah tiket kapal pesiar kamu dapatkan, maka selanjutnya menentukan dan memesan tiket penerbangan menuju lokasi keberangkatan pelayaran kamu. Pilihlah penerbangan yang tidak terlalu mepet dengan jadwal pelayaran. Biasanya, kapal pesiar memberikan waktu untuk check in 6 jam sebelum waktu pelayaran. Jangan sampai kamu memesan tiket penerbangan justru sesampainya di lokasi, kamu sudah tertinggal kapal pesiarnya. Nggak lucu, kan?

6. Cruising
Jika A-Z dari nomor 1 sampai dengan nomor 6 sudah kamu siapkan, maka selanjutnya kamu tinggal menikmati jalan-jalan dengan kapal pesiar pilihan kamu. Sensasinya dijamin luar biasa! Kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas yang ada di dalam kapal pesiar itu. Tidur dengan nyaman, menikmati sajian makanan dan minuman yang tidak ada hentinya, mulai dari morning tea, breakfast, lunch, afternoon tea, dinner dan bahkan supper. Selain kuliner, kamu pun bisa mencoba berbagai macam fasilitas hiburan, kebugaran, bahkan jika ingin membeli oleh-oleh dari kapal pesiar juga ada toko-toko souvenir di dalamnya.

Sumber: