Adakah garis penuntun yang membuat foto lebih menarik?

leading line

Adakah garis penunutun yang membuat foto lebih menarik? jawabanya ada. Dalam sebuah foto, garis penuntun alias leading line berfungsi untuk mengarahkan mata pemirsa foto agar bergerak sepanjang jalur tertentu mengikuti arahan foto. Garis penuntun memberi struktur dan tatanan yang manis agar foto enak dimata. Lantas ada yang bisa memperlihatkan contohnya dengan detail?

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan dua foto dibawah ini terlebih dahulu:

image

Secara gambar, tidak ada yang salah dengan foto ini. Namun secara visual, foto diatas tidak terlalu menarik saat dilihat. Sekarang bandingkan dengan foto dibawah ini:

image

Dalam foto kedua, garis-garis yang kuat menuntun mata bergerak dari pinggir ke arah mahkota bunga sehingga mata kita lebih nyaman dan “tidak kebingungan” saat melihat dan pada akhirnya foto kedua terlihat lebih menarik secara visual.

Namun tidak semua foto dengan garis secara otomatis menjadi lebih menarik. Perhatikan foto jembatan dibawah ini:

image

Foto diatas juga menggunakan garis, namun sudut pengambilan foto yang kurang pas membuat garis-garis yang ada tampak bertabrakan dan membuat foto tampak sibuk. Bandingkan jembatan yang sama saat diambil dengan sudut pemotretan yang lebih teliti:

image

Dalam foto diatas, mata kita dituntun mengikuti garis jembatan dari pojok kanan secara diagonal bergerak ke kiri. Itu masih ditambah garis dari bayangan jembatan yang juga menuju titik yang sama sehingga secara visual jauh lebih bagus dibanding foto sebelumnya.

Garis penuntun (leading line) bisa disusun dengan lebih manis asalkan kita mengikuti aturan perspektif dan titik hilang, semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray:

1 Like