Adakah film yang dicekal di Indonesia tapi mendunia?

image

Perfilman Indonesia saat ini bisa dibilang bersaing dengan industri perfilman di kancah dunia. Tidak bisa dipandang sebelah mata, sudah banyak film Indonesia yang dapat penghargaan di luar negeri. Namun, adakah film yang dicekal di Indonesia namun sukses di luar negeri?

Ada, yaitu sala satunya film Merdeka 17085. Film ini menceritakan kisah dramatis tentang seorang tentara Jepang yang ikut dalam perang kemerdekaan Indonesia. Film ini merupakan film kolaborasi antara rumah produksi Jepang yang bernama Toho dan Rapi Films dari Indonesia. Menariknya, film ini menggunakan jasa para aktor dan aktris dari dua negara tersebut. Sebut saja Jundai Yamada, Lola Amaria, Naoki Hosaka, dan Muhammad Iqbal. Yukio Fuji bertindak sebagai sutradara.

Sayangnya, film ini dicekal di Indonesia karena ceritanya yang bertentangan dengan sejarah sebenarnya. Ada juga beberapa adegan yang ditakutin bakal melukai perasaan masyarakat Indonesia hingga dikhawatirkan merusak hubungan kedua negara tersebut. Beberapa adegan yang dianggap menuai kontra adalah seorang wanita tua Jawa mencium kaki tentara Jepang serta lagu “Indonesia Raya” dinyanyikan dengan cara yang enggak sesuai.

Walaupun dilarang terbit di Indonesia, film dibilang sukses di Jepang. Bahkan, film ini memiliki saingan, yaitu raksasa anime Jepang, Spirited Away. Film dengan judul lain, Murudeka 17085, ini ngeraup pendapatan 550 ribu yuan atau sekitar Rp1 miliar.