Adakah film animasi Pixar yang terinspirasi kejadian nyata?

image

Pixar merupakan salah satu studio animasi tersukses sedunia dengan film film berkualitas yang dihasilkannya. Kebanyakan pasti film Pixar ceritanya adalah cerita fiksi, tapi adakah film Pixar yang terinspirasi dari kisah nyata?

Ada, yaitu pada film Up. Edith Macefield, seorang perempuan tua yang mempertahankan rumahnya dari gempuran industrialisasi di tengah kota. Rumah Edith berada di sudut antara Jalan Northwest 46 dan Avenue 15, Ballard, Seattle, Amerika Serikat. Rumah tradisional kecil itu berada tepat di tengah-tengah Trader Joe dan LA Fitness. Kini, rumah berusia ratusan tahun itu dikelilingi oleh menara-menara beton di ketiga sisinya. Hal itu menjadikan bangunan kecil tersebut sebagai satu-satunya rumah tapak di wilayah Ballard.

Awalnya, rumah tersebut akan dijadikan sebagai kompleks komersial pada 2006 lalu. Namun, Edith menolak menjual rumahnya. Ia bahkan tetap bergeming meski ditawari uang pengganti senilai 1 juta dollar AS atau setara Rp 12,1 miliar. Atas penolakannya itu, Edith menjadi pahlawan warga Ballard yang lelah melihat lingkungannya hilang ditelan kondominium mewah dan restoran trendi. Hingga pada akhirnya, rumah bersejarah milik Edith itu menjadi inspirasi pembuatan film animasi Pixar berjudul “UP”.