Adakah faktor - faktor penting dalam mendirikan startup?


(Dina) #1

Dalam mendirikan suatu usaha, pasti membutuhkan perhitungan yang sangat matang. Namun, apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita hendak mendirikan sebuah startup?


(Himawat Aryadita) #2

##Ide dan Eksekusi

Sumber gambar : slideshare.net

Ide dan eksekusi merupakan faktor utama dan yang pertama dalam mendirikan sebuah startup. Ide tanpa eksekusi tidak ada nilainya sama sekali, sedangkan eksekusi tanpa ide yang jelas dan baik, lebih condong ke perjudian.

Ide lebih condong kepada bisnis model. Referensi yang paling sering digunakan adalah bisnis model kanfas.
Ekesekusi lebih condong kepada manajemen proyek. Bagaimana kita harus merencanakan secara detail bagaimana caranya mengeksekusi ide kita dengan cara yang terbaik hingga menghasilkan sebuah produk

Oleh karena itu, baik ide maupun eksekusi harus mendapatkan perhatian lebih dalam membuat sebuah startup. Karena kunci utama dari sebuah startup adalah produk yang dihasilkan.

Ide yang luar biasa dan eksekusi yang baik akan menghasilkan PRODUK yang luar biasa.

##Waktu yang Tepat

Sumber gambar : foxrivercapital.com

Pemilihan waktu yang tepat dalam meluncurkan sebuah produk memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak yang mengkaitkan faktor timing dengan faktor luck.

Ketika ide dan produk anda datang terlalu cepat, kemungkinan besar calon customer dan environment tidak siap terhadap ide atau produk anda, sehingga calon customer anda tidak akan menggunakan ide atau produk anda.

Ketika ide dan produk anda datang terlambat, calon customer anda sudah mempunyai banyak pilihan terkait produk yang anda buat. Akan sangat susah merebut customer ketika produk yang lain tidak mempunyai kelemahan yang signifikan atau ketika produk anda tidak mempunyai kelebihan yang signifikan juga.

Sebagai contoh, bagaimana youtube meluncurkan produknya di saat yang tepat, ketika kecepatan internet sudah dapat melayani video streaming dan sebelum banyak produk video streaming yang bagus. Andai youtube hadir disaat internet masih sangat lambat, tidak ada yang akan menggunakan layanan video streaming.

##Pemimpin dan Tim

Sumber gambar : azquotes.com

Pemimpin dan Tim merupakan faktor yang sangat penting dalam membuat sebuah startup.

Leaders make the decisions, set the vision and inspire people to work harder for a group’s goals.

Seorang pemimpin yang lemah akan menghasilkan visi dan strategi yang lemah pula. Dan yang lebih parah lagi adalah dapat menurunkan moral tim yang dipimpinnya.
Sedangkan pemimpin yang kuat akan menghasilkan visi dan strategi yang kuat pula. Moral tim akan semakin meningkat dalam membangun startup kita.

Permasalahannya, kita tidak bisa membangun sebuah startup sendirian. Kita membutuhkan tim dalam mengeksekusi dan mengembangkan startup kita. Oleh karena itu,menurut Larry Page ketika diwawancarai terkait faktor terpenting di Google, dia menjawab, " People, people and people"

Hire the right people for the job, and you’ll never have a problem. Hire the wrong people and your best-laid plans might be ruined.

##Perencanaan dan Target

Sumber gambar : pinterest.com

Perencanaan yang matang sangat diperlukan dalam membuat sebuah startup. Lebih baik kita terlambat mengeksekusi ide kita demi membuat perencanaan yang baik dibandingkan kita tergesa-gesa mengeksekusi ide kita tanpa ada perencanaan yang matang.

Target, masuk juga kedalam perencanaan, menjadi indikator yang sangat baik terkait progress startup kita.
Apakah startup kita sukses ? Apakah perkembangannya baik ? Apakah kondisi startup kita dalam kondisi darurat ? Apakah startup kita gagal ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya bisa dijawab dengan TARGET yang telah kita tentukan sebelumnya. Tanpa adanya target, maka tidak ada alat ukur yang pas terkait kinerja startup kita.

##Pemasaran dan Pertumbuhan

Sumber gambar centanagrowth.com

Starup yang sukses akan sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan (growth) dari startup itu sendiri.
Apakah user anda meningkat secara signifikan ? Apakah jumlah dan total transaksi meningkat ?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang perlu anda perhatikan, oleh karena itu monitoring dan controling adalah sesuatu yang wajib anda lakukan.

Salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam meningkatkan pertumbuhan adalah dengan membuat strategi pemasaran. Banyak cara untuk memasarkan produk kita. Yang terpenting adalah, strategi pemasan yang kita ambilharus sesuai denga kondisi startup kita.

Jangan pernah memaksakan melakukan strategi pemasaran yang idel ketika kondisi startup kita sendiri belum ideal.

Misalnya kita menghabiskan banyak sekali sumber daya yang kita miliki untuk melakukan pemasaran, tanpa memperhitungkan bahwa sumber daya kita terbatas dan dibutuhkan untuk hal yang lainnya,misalnya pengembangan produk.