Adakah efek dari minuman energi terhadap kesehatan gigi?

adakah efek dari minuman energi terhadap kesehatan gigi?

REN meminum minuman berenergi atau minuman olahraga (sport drink) yang dilakukan orang-orang dewasa aktif di Australia telah menjadi sorotan oleh Asosiasi Dokter Gigi Australia (ADA).

Sebuah survei yang dilakukan oleh asosiasi tersebut memaparkan hampir setengah dari orang dewasa produktif Australia tidak menyadari adanya proses pengikisan dan pembusukan yang terjadi pada gigi akibat gula dan keasaman dalam minuman berenergi.

Disebutkan pula seperlima dari 1.262 orang aktif yang disurvei mengatakan tidak akan mengubah kebiasaan mereka meskipun tahu ada potensi kerusakan gigi.

Peter Alldritt, Ketua Komite Kesehatan Gigi, juga menegaskan mengonsumsi minuman olahraga bukan berarti memiliki efek yang lebih baik untuk gigi jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman ringan (soft drinks).

Berbagai minuman olahraga yang memiliki lisensi kerja sama dengan badan olahraga besar pun termasuk memiliki potensi membahayakan untuk gigi, ujar Alldritt.

Tom Carter, mantan pemain rugbi profesional NSW Waratahs, menceritakan pengalaman kerusakan giginya yang dipikirnya berasal dari retakan gigi akibat benturan pada latihan ternyata salah.

Kerusakan tersebut berasal dari pembusukan