Adakah cara yang paling efektif untuk mengatasi stress?


(Andre Bagus Wicaksono) #1

Rasa stress dapat mengganggu dan datang kepada kita kapanpun tanpa kita sadari. Ada banyak hal yang dapat membuat saya menjadi stress. Beberapa hal diantaranya datang dari orang-orang sekitar saya. Bagaimanakah cara yang efektif untuk menghindari atau menanggapi rasa stress?

Gambar: altruahealthshare.org


(renaldy sabdo jati purboningrat) #2

menurut yang saya baca di

  1. jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk
    2.memiliki keberanian untuk berkata tidak terhadap sebuah pekerjaan baru yang dibebankan kepada anda yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan anda yang sekarang
    3.melakukan aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang menyehatkan seperti berolahraga dengan berjalan kaki atau berlari-lari santai.
    4.selalu berusahan belajar menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang kita alami baik itu terkait dengan segala nikmat dan segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan YME kepada diri kita
    5.Selalu memiliki positive thinking
    6.Menghibur diri sendiri
  2. Berusaha fokus terhadap sebuah pekerjaan yang ada di hadapan anda.

(Nicky Setyowati) #3

Memang rasa stress dapat sewaktu-waktu mengganggu pekerjaan atau segala hal dan aktivitas yang sedang kita lakukan. Hal tersebut dapat dipicu dari beberapa faktor. Anda dapat menghindari stress dengan:

  1. Bersosial dengan orang yang tepat.
    Tidak semua orang yang ada disekitar anda dapat membuat anda tertawa. Kadang kala, orang terdekat anda dapat menjadi pemicu stress. Hal tersebut akan membuat anda malas untuk bertemu dengan orang tersebut. Tentunya anda tidak ingin menjadi individu yang anti sosial, bukan?
    Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat mencari teman atau orang lain yang dapat meluangkan waktu dengan anda. Hal ini dapat dilakukan untuk semata-mata supaya anda mendapatkan sesuatu yang baru agar anda tidak bosan.

  2. Melakukan hal yang perlu saja
    Merencanakan sesuatu ternyata dapat menjadi pemicu stress. Mungkin anda telah mengatur hari anda sesuai dengan kegiatan anda berdasarkan jam yang telah anda atur. Lalu tiba-tiba ada hal lain yang merusak rencana anda pada hari tertentu. Tentu anda akan menjadi stress.
    Namun anda dapat menghindari stress ini dengan melakukan apapun yang sudah menjadi prioritas anda. Cobalah untuk tidak merencanakan sesuatu yang kurang penting untuk dilakukan.

  3. Menyediakan tempat tersendiri untuk rasa stress anda
    Tentunya anda tidak ingin orang lain tau bahwa anda sedang merasakan stress. Karena bisa saja anda akan menjadi emosi jika orang bertanya-tanya ketika anda stress. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengesampingkan rasa stress yang melanda anda. Cobalah untuk menghadapi sesuatu dengan hal atau cara yang sehat. Emosi bukanlah suatu jalan untuk meredakan stress.

Untuk informasi selengkapnya, anda dapat membaca di http://www.saintia.com/3-cara-untuk-mengatasi-stress/


(William Fabrianto) #4

Cara yang efetif dalam mengatasi stress menurut saya melakukan hal-hal yang merupakan hobby kita, entah itu travelling, bermain game, olahraga, dsb. Dengan syarat tenangkanlah diri sejenak dan lepaskanlah semua pikiran tentang hal yang membuat diri kita stress saat melakukan hobby kita.


(Putera Maranatha sitorus) #5

daripada mengatasi stress , kita bisa menghindari stress tersebut dengan cara

  • rajin olaharaga pagi hari
  • konsumsi makanan yang sehat
  • jangan terlalu lama depan gadget
  • tidur yang teratur (jam 10pm - 1 am) waktu sel - sel dalam tubuh regenerasi
    menurut saya itu

(Gede Dandy Salodivansa Barani) #6

1.Memiliki harapan yang realistik

Banyak orang memasang harapan/tujuan yang tidak realistik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Sebetulnya tidak salah sih, karena ada kata bijak yang mengatakan : “gantungkan cita-citamu setinggi langit.”.

Memasang harapan/tujuan yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan anda, namun jika harapan/tujuan tersebut justru dapat membawa stress yang negatif kepada anda, sebaiknya anda mempertimbangkan kembali harapan/tujuan anda tersebut.

Sebagai contoh, misalkan anda saat ini berpenghasilan 5 juta/bulan, anda kemudian menentukan target ingin membeli sebuah mobil BMW seharga 500 juta dalam waktu 1 tahun.

Hmm… tidak salah anda menentukan target membeli mobil BMW, hanya jangka waktunya perlu dibuat yang realistik, misalkan dalam waktu 5 tahun. Dengan asumsi, anda sudah bekerja sangat keras dan menjadi seorang general manager dengan penghasilan 40 juta/bulan.

2.Aktif Berolahraga

Aktif Berolahraga dapat mengurangi stress, melalui pelepasan endorphins, yaitu hormon anti depresi yang dimiliki tubuh, begitu kata para ahli. Aktivitas olahraga seperti jogging, berenang dan aerobik dapat membuang energi berlebih yang jika didiamkan dapat tertimbun di dalam tubuh. Sesuatu yang tertimbun, apapun juga, sangat tidak baik.

3.Melakukan persiapan sebelumnya

Stress seringkali disebabkan oleh situasi tertentu dimana anda berada. Banyak orang sebagai contoh memiliki ketakutan berbicara di depan umum. Tetapi saya rasa semua dari kita pun pasti gugup dan stress pada saat pertama kali berbicara di depan umum, tidak terkecuali.

Salah satu strategi yang cukup efektif untuk mengatasi hal ini adalah anda melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, termasuk mengunjungi lokasi tempat anda akan berbicara untuk mulai membiasakan diri anda. Sering orang mengatakan, untuk mendapatkan ’feelingnya’ terlebih dahulu.

Anda juga bisa melakukan latihan di depan keluarga atau teman-teman anda. Namun saya rasa di Indonesia, hal ini jarang sekali terjadi mengingat budaya kita yang mengakibatkan anda justru canggung berbicara di depan mereka.

4.Lakukan break di sela-sela pekerjaan anda

Banyak dari kita bekerja dalam lingkungan yang membutuhkan kecepatan dan ketelitian. Anda sebetulnya memiliki kemampuan untuk dapat mengukur level stress dan energi anda sendiri. Jika anda merasa kepala anda sudah sangat penat, lakukanlah break.

Toh jika dipaksa pun, fokus anda sudah pasti akan terganggu. Akibatnya kualitas pekerjaan anda akan menurun. Jika memungkinkan, pergilah jalan-jalan ke luar, seperti ke taman misalnya, untuk menjernihkan otak anda.

5.Kurangi caffeine

Gejala stress seperti kegelisahan sangat erat berkaitan dengan jumlah caffeine dalam tubuh anda. Banyak orang minum bergelas-gelas kopi dalam satu hari. Cobalah batasi konsumsi kopi anda maksimal 1 gelas sehari.

Mengurangi caffeine sangat membantu anda untuk tidur nyenyak dan pada akhirnya anda akan mendapatkan lebih banyak energi.

6.Cukup tidur

Banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur setiap hari. Tujuh sampai dengan delapan jam sehari adalah jumlah yang disarankan, bervariasi antara masing-masing orang. Anda akan mengetahui ketika anda cukup tidur, anda akan bangun segar setiap hari (seringkali secara alami kita bangun sebelum alarm berbunyi), sehingga anda akan menghadapi hari dengan lebih berenergi.

7.Seimbang antara bekerja dan bermain

Orang yang tidak membiarkan dirinya untuk bersenang-senang akan mendapatkan level stress yang tinggi. Jangan merasa bersalah ketika anda memanjakan diri anda dengan berolahraga, relaksasi, hiburan dan melakukan hobi-hobi anda.

Para pembaca yang budiman, jika anda sudah merasakan tanda-tanda atau gejala-gejala stress, saya sarankan anda segera melakukan tips-tips diatas, sehingga kehidupan anda menjadi jauh lebih baik.