Adakah cara mengatasi gigi bertumpuk?

Pertumbuhan gigi pada anak seringkali tidak rapi atau bertumpuk dimana kondisi gigi yang satu dengan yang lain saling berhimpitan di mana ini juga menjadi salah satu penyebab gigi gingsul. Dalam ilmu kedokteran, masalah di rahang atau susunan pada gigi yang tidak rata ini dinamakan maloklusi. Bertumpuknya gigi ini bisa terjadi karena tidak cukupnya ruang pada rahang mulut. Adakah cara mengatasi gigi bertumpuk?

Ada beberapa cara mengatasi gigi bertumpuk yang bisa dilakukan seperti ulasan lengkap yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Palatal Expander
    Palatal expander atau alat melebarkan rahang atau pelebar ortodonti berfungsi untuk melebarkan rahang bagian atas sehingga bagian gigi atas dan bawah saling berhubungan dengan lebih baik. palatal expander memiliki sekrup yang menghubungkan gigi dengan karet dan bisa diputar dengan kunci untuk melebarkan ukuran rahang. Palatal expander menjadi salah satu solusi bagus untuk mengatasi masalah gigi bertumpuk sekaligus memberikan ruang supaya gigi bisa bergerak secara alami menuju posisi seharusnya. Palatal expander bisa digunakan oleh anak anak dan remaja dibawah 15 tahun sebab tulang rahang bagian atas masih memungkinkan untuk dibentuk. Untuk harga palatal expander sendiri sangat bervariasi bergantung dari lama perawatan yang dibutuhkan dalam memperbaiki masalah gigi bertumpuk.

  2. Kawat Gigi Lingual
    Kawat gigi lingual hampir serupa dengan kawat gigi biasa namun letaknya berada di bagian belakang gigi. Selain itu, kawat gigi lingual juga menggunakan cara kawat yang sama dengan kawat gigi biasa yakni mengencangkan dan merapikan gigi dalam beberapa tahap dan biasanya digunakan dari 6 sampai 24 bulan bergantung dari tingkat sulit tidaknya perawatan. Perawatan gigi bertumpuk memakai kawat gigi lingual baik digunakan untuk anak berumur 10 tahun keatas dengan tingkatan gigi bertumpuk dari ringan sampai parah. Seperti halnya cetakan gigi, kawat gigi lingual merupakan solusi tepat untuk anda yang tidak ingin memperlihatkan jika sedang menggunakan kawat gigi sebab jenis kawat gigi ini agak tersembunyi. Untuk harga perawatan gigi bertumpuk memakai kawat gigi lingual lebih tinggi dari kawat gigi biasa bergantung dari tingkat kesulitan dan lama perawatan yang dibutuhkan.

  3. Clear Aligner
    Clear aligner atau cetakan gigi berbentuk transparan merupakan jenis kawat gigi yang lebih kencang dan bisa dibuat sesuai dengan pesanan penderita. Jenis kawat gigi ini sangat mudah melekat pada gigi dan secara bertahap akan merapikan gigi bertumpuk. Alat merapikan gigi bertumpuk ini sangat baik digunakan oleh orang dewasa dimana tahap perkembangan rahang sudah berhenti. Clear aligner umumnya diterapkan pada penderita gigi bertumpuk dalam tahap ringan dan sedang namun tidak digunakan untuk masalah rahang bawah yang menonjol parah, rahang atas yang maju atau masalah lain yang lebih sulit. Jenis perawatan ini umumnya membutuhkan waktu dari 10 sampai 24 bulan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Keuntungan dari clear aligner adalah mudah untuk dilepas dan dibersihkan sehingga kesehatan mulut bisa dijaga dengan baik.

  4. Retainer
    Retainer atau kawat lepasan memiliki 2 jenis yakni permanen atau bisa dilepas yang digunakan pada bagian atas dan bawah mulut untuk menguatkan dan mengatur bentuk gigi yang bertumpuk. Alat ini umumnya akan digunakan supaya posisi gigi sesudah melakukan perawatan kawat gigi bisa dipertahankan Harga retainer lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perawatan gigi bertumpuk lainnya menyesuaikan tingkat kesulitan dan lama perawatan yang dibutuhkan. Untuk kenis retainer permanen akan dipasang pada bagian gigi belakang sehingga tidak terlihat. Sementara untuk retainer yang bisa dilepas lebih mudah dibersihkan untuk menjaga kesehatan mulut anda.

  5. Ortodonti Lepasan
    Perawatan gigi bertumpuk ini dilakukan pada gigi yang tidak rata dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu pergi ke dokter. Tidak hanya pemasangan, namun untuk membersihkan ortodonti pasangan juga bisa dilakukan sendiri. Fungsi dari alat ini adalah untuk menggeser posisi gigi menuju tempat yang seharusnya agar lebih rata dan rapi. Alat ini memiliki 3 bagian yakni retensi, pelat dasar serta bagian aktif. Alat ini digunakan untuk masalah gigi bertumpuk ringan dan bukan untuk masalah berat. Kekurangan dari alat ini adalah tidak terasa nyaman digunakan karena dasar mulut serta langit langit tertutup pelat dasar dan akan terasa penuh dengan air liur.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-mengatasi-gigi-bertumpuk