Adakah cara ampuh untuk mengatasai penyakit kulit kering dan sensitif

Kulit kering sering timbul karena udara yang dingin dan kering, alergi atau genetika. Apakah ada pengobatan atau treatment khusus untuk mengatasi kulit kering dan sensitif? contoh penyakit kulit kering yang sulit diatasi adalah exim/eksim.

Mengenal Eksim

Eksim adalah kondisi ruam merah serta gatal yang bisa muncul di kulit seluruh tubuh. Biasanya, eksim menyerang orang-orang yang punya kulit kering dan sensitif. Pada beberapa kasus yang sudah parah eksimnya, kondisi kulit bisa terlihat seperti melepuh dan retak-retak.

Obat eksim alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah

  1. Minyak kelapa
    Minyak kelapa, bisa menjadi salah satu bahan obat eksim alami, yang bahannya mudah ditemukan di rumah atau warung-warung. Minyak kelapa, memiliki khasiat anti jamur, anti bakteri, antimikroba dan antioksidan.

Selain itu, minyak kelapa mengandung nutrisi seperti asam laurat, vitamin K dan E, yang membantu memerangi gatal dan menghasilkan efek sejuk di kulit. Berikut ini, merupakan cara menggunakan minyak kelapa murni sebagai obat eksim alami:

  • Anda bisa oleskan langsung minyak kelapa ke kulit yang gatal. Oleskan beberapa kali dalam sehari, lebih sering semakin lebih baik untuk meredakan gatal.
  • Anda juga bisa mengonsumsi 2 sampai 4 sendok makan minyak kelapa murni setiap hari untuk membantu meringankan gejala eksim dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Bisa dengan menenggak langsung minyak kelapa atau menambahkannya ke makanan atau minuman Anda.
  1. Kunyit
    Kunyit, merupakan salah satu rempah alami yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam terbitan Journal of Drugs in Dermatology pada tahun 2010, kunyit bisa digunakan sebagai alternatif obat eksim alami akibat kandungan antioksidannya untuk kulit. Selain itu, curcumin, bahan aktif yang ada dalam kunyit, memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang membantu mengobati peradangan dan gatal kulit.

Berikut cara menggunakan kunyit sebagai obat eksim alami:

  • Campur satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya, jadikan sebagai krim oles kulit. Lalu, oleskan krim ini pada kulit yang terkena sebanyak dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.
  • Sebagai alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan satu setengah sendok teh kunyit pada air mendidih dan aduk selama 10 menit. Biarkan dingin, lalu Anda bisa meminumnya atau digunakan untuk membilas area eksim yang terasa gatal.
  1. Gel lidah buaya
    Lidah buaya memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya sebagai pengobatan yang efektif untuk eksim. Lidah buaya, memiliki zat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi terbakar pada kulit eksim. Ditambah lagi, sifat anti mikroba lidah buaya dapat mencegah infeksi kulit lebih lanjut. Kelebihan lidah buaya, antara lain juga dapat menghidrasi kulit dan menjaga agar tetap lembab.

Di bawah ini merupakan cara menggunakan lidah buaya sebagai obat eksim alami:

  • Ambil ekstrak gel dari daun lidah buaya segar. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak ekstrak vitamin E ke dalamnya.
  • Oleskan gel langsung ke kulit yang terkena. Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan cara sederhana ini dua kali sehari selama beberapa minggu sampai gatal mereda.
  1. Oatmeal
    Banyak yang belum mengetahui fungsi dan khasiat oatmeal atau bubur gandum sebagai salah satu obat eksim alami. Oatmeal, nyatanya memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gatal akibat eksim.
  • Siapkan selembar kain tipis dan bersih serta oatmeal kering. Tuang 3 sendok oatmeal ke dalam kain tersebut, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil.
  • Tampung air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Lalu Anda bisa memasukan bundel kain yang berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit.
  • Angkat bundel oatmeal tersebut, lalu gosok ke bagian tubuh yang terkena eksim. Anda juga bisa membilas tubuh dengan air bak mandi, yang sebelumnya berisi bundel oatmeal.
  • Lakukan rutin metode oatmeal ini, hingga gatal eksim mereda dalam beberapa waktu.

Sumber : Mengobati Eksim

Cara Merawat Kulit Yang Kering Dan Sensitif

1. Kebiasaan Mandi
Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif maka Anda bisa melakukan perawatan di mulai dari memperbaiki kebiasaan saat mandi. Jika Anda terbiasa mandi dengan shower air hangat, usahakan jangan menggunakan air yang memiliki suhu terlalu tinggi. Gunakanlah air yang hangat-hangat kukuh agar setelah mandi kulit Anda tidak mengalami kekeringan.

Selain itu gunakanlah sabun yang di formulasikan khusus untuk jenis kulit yang kering dan sensitif. Salah memilih sabun juga bisa berakibat kurang baik bagi kulit, pilihlah sabun yang mengandung bahan yang mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu pada saat mengeringkan badan dengan handuk, Anda tidak boleh menggosoknya terlalu kuat untuk menghindari terjadinya iritasi.

2. Memilih Produk Perawatan Kulit Yang Tepat
Sebelum meutuskan untuk memakai suatu produk perawatan kulit tertentu, Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut memiliki kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Kulit kering dan sensitif memerlukan perawatan dengan produk yang mengandung bahan pelembab dan vitamin E. Pilihlah lotion pelembab yang berbahan lembut dan tidak memiliki efek samping. Salah dalam memilih pelembab dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit Anda.

Untuk penggunaan harian dalam jangka waktu panjang, sebaiknya Anda harus mencoba untuk menggunakan produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun. Bahan alami seperti ini tidak memiliki efek samping sehingga dapat di gunakan dalam jangka panjang.

3. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Air Putih
Selain melakukan perawatan kulit secara rutin dari luar, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebagai upaya perawatan kulit dari dalam. Kulit yang kering dan sensitif mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan pola makan Anda sehari-hari.

Perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin serta minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan demikian tubuh Anda akan mendapatkan asupan ari yang cukup untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. Selain itu hindarilah terpapar debu dan polusi agar terhindar dari berbagai gangguan kulit.