Adakah aplikasi yang dapat membantu saya untuk mengatasi pengeluaran yang berlebihan?

Saya mempunyai uang yang standar untuk ukuran hidup di Malang. Namun, saya sering sekali merasa kekurangan uang. Hal ini terjadi karena saya membeli makanan/barang tanpa mencatat pengeluaran saya. Hal ini membuat saya terpaksa kesusahan di akhir bulan.

Adakah aplikasi yang dapat membantu saya untuk menjaga stabilitas keuangan saya?

Sekarang ada banyak cara untuk mengatur keuangan pribadi kita. Aplikasi-aplikasi untuk mengatur pengeluaran, pemasukan, melalui cash, kredit , ataupun debit sudah banyak bertebaran. Berikut beberapa aplikasi terbaik yang dapat membantu anda dalam mengatasi pengeluaran berlebihan :

1. Mint

Mint adalah salah satu aplikasi popular di smartphone untuk sistem operasi Android, serta sistem operasi lainnya yang berguna untuk melacak pengeluaran kamu. Menariknya, aplikasi ini bisa didapat secara cuma-cuma alias 100% gratis, asal tersambung dengan internet. Data yang tersimpan dalam aplikasi ini berupa akun cloud sehingga bisa diakses kapan saja menggunakan perangkat lain seperti laptop. Mint akan menghubungkan semua kartu kredit , dan semua tagihan anda, sehingga dapat , jadi semua data mengenai keuangan anda tersimpan dalam satu tempat.

2. PocketGuard

image

PocketGuard adalah salah satu alternative lainnya untuk menghemat uang anda. Mudah digunakan, mudah untuk mendaftarkan, dan tagihan maupun transaksi anda disajikan dalam satu tempat yang mempunyai beragam format. Aplikasi ini dapat membantu untuk membuat limit pengeluaran, target penghematan uang, serta dapat memberikan notes dari tiap transaksi yang kita lakukan pada beberapa kategori seperti restoran ataupun entertainment.

3. Digit

image

Digit adalah personal finance app yang sangat membantu untuk mengatur keuangan. Cara kerjanya seperti ini: Digit akan connect dengan salah satu akun bank anda , dan Digit akan menganalisis pendapatan serta kebiasaan pengeluaraan anda.
Berdasarkan kebiasaaan itu Digit akan mengesampikan uang pada akun FDIC untuk anda, dan anda dapat dapat mengakses atau mengambil uang kapan saja.
App ini juga sangat simpel untuk menetapkan target penghematan/target tabungan. Setiap paginya akun ini akan memberikan notifikasi tentang keadaan financial anda, yang kadang justru membuat stress, namun sesungguhnya sangat berguna.

Diatas adalah beberapa contoh applikasi terbaik yang dapat anda gunakan sebagai mahasiswa, namun tentunya masih banyak lagi aplikasi seperti itu yang tersedia.

source : http://time.com/money/4947626/5-budgeting-apps-that-will-save-you-money/

Berikut merupakan aplikasi yang dapat membantu kita sebagai anak kosan dalam mengatur keuangan

1. Money Manager Expense & Budgeting

Aplikasi buatan Realbyte ini mampu membantumu merencanakan pengeluaran serta mengelola pos-pos pemasukan, tabungan, hingga kartu kredit secara sekaligus. Dengan tampilan antarmuka yang intuitif serta simpel, Money Manager Expense & Budgeting membuat proses pencatatan keuangan dengan metode akuntansi sederhana menjadi semudah membalikkan telapak tangan.

Beragam fitur disematkan dalam aplikasi ini, mulai dari pencatatan penghasilan dan pengeluaran harian, manajemen aset-aset keuangan, pembuatan bujet untuk tabungan atau investasi, hingga laporan keuangan dalam bentuk neraca ataupun grafik. Akses tiap-tiap fitur juga mudah dan minim adaptasi.

2. Monefy

Monefy merupakan aplikasi yang sangat pas bila kamu mengatur keuangan keluarga bersama pasangan. Berkat fitur sinkronisasi akun dengan memanfaatkan Dropbox, kamu dan pasangan bisa sama-sama memantau pengeluaran keluarga secara real-time.

Tak hanya diperkaya fitur sinkronisasi, Monefy juga memiliki antarmuka yang mudah dipelajari serta digunakan. Kamu bisa mengaturnya sedemikian rupa sehingga hanya perlu memasukkan angka pengeluaran/pemasukan, dan aplikasi akan secara otomatis mengelompokkan jenis transaksi tersebut ke dalam pos yang sesuai.

3. Wallet

Budgetbakers mengembangkan aplikasi Wallet dengan sebuah misi, yaitu membantu para penggunanya memegang kendali atas kondisi keuangannya. Kamu tak hanya bisa mencatat pemasukan dan pengeluaranmu dengan aplikasi Wallet, tapi juga merencanakan kebutuhan biaya untuk membiayai rencana jangka panjangmu hingga sepuluh tahun ke depan.

Wallet memiliki fitur sinkronisasi secara real-time dengan rekening tabungan di seluruh dunia. Budgetbakers mengklaim telah terdapat empat ribu bank yang dapat memanfaatkan fitur ini. Beberapa bank di dalam negeri yang bisa dihubungkan dengan aplikasi Wallet antara lain BCA, Bank Mandiri, dan Danamon.



1. AndroMoney (Expense Track)

unnamed

Aplikasi ini dapat melacak pemasukan dan pengeluaran Anda dalam tampilan yang sederhana dan rinci. Aplikasi ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran Anda, dan kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.
Aplikasi ini akan membantu Anda dalam menentukan anggaran untuk jalan-jalan dan nonton film, makan, keperluan gadget, keperluan rumah tangga dan furniture, hingga keperluan belanja pakaian. Silahkan download aplikasinya melalui Play Store di sini.

2. Cash

cash

Cash tidak memiliki tampilan visual yang menarik seperti AndroMoney. Akan tetapi, aplikasi ini sangat efisien untuk mengatur keuangan Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan tracking terhadap rekening bank pribadi, saham, pendapatan, dan pengeluaran Anda. Tidak terdapat banyak iklan komersial yang mengganggu saat Anda menggunakan aplikasi Cash.

Ketika menggunakan Cash, Anda akan menyadari bahwa tampilan visual bukanlah segalanya, hal yang terpenting adalah aplikasi ini membantu untuk mengatur keuangan secara sederhana dan efisien. Silahkan unduh dan instal aplikasinya melalui link ini.

3. Financial Calculators

unnameda

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengatur anggaran, tetapi juga menjadi alat bantu pengatur keuangan yang sangat bermanfaat. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan beberapa fitur, seperti Auto Loan, Auto Lease Calculator, Return on Invesment, Commercial Loan Calculator, dan masih banyak lagi.

Dengan Financial Calculators, Anda bisa menentukan manakah yang lebih efisien untuk keuangan Anda antara membeli atau menyewa sesuatu. Aplikasi keuangan ini juga membantu Anda untuk memahami suku bunga majemuk dan membantu Anda untuk lebih konsisten saat melakukan set goals, seperti mewujudkan impian untuk memiliki rumah pribadi.

Sumber :