Adakah alasan kenapa harus segera main ke Merauke?

merauke

Pasti tahu dong sama lagu yang satu ini, lagu yang menceritakan bagaimana besarnya bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tapi kamu pernah enggak sih ke Kota Merauke? Kota yang terletak di ujung paing timur Indonesia ini mempunyai banyak keistimewaan. Kota Merauke yang juga jadi titik terakhir wilayah Indonesia ini juga menyimpaan banyak tempat wisata alam dan kearifan lokal yang tentu tak bisa ditemukan di tempat lain. Adakah alasan kenapa harus segera main ke Merauke?

1. Kearifan lokal yang masih terjaga
Berbeda dengan kota-kota besar di Indonesia, Merauke masih menjaga kearifan lokal yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Di sini kamu akan selalu melihat bagaimana masyarakat adat bisa hidup rukun dengan warga lain. Adat isitiadat di Merauke juga masih terus dijaga sampai sekarang. Nah, hal seperti tentu enggak bakal bisa kamu temukan dimanapun.

2. Pantai dan laut yang masih asli
Pantai dan laut di Kota Merauke Papua ini juga sangat sangat indah karena masih terjaga. Enggak perlu jauh-jauh pergi kamu sudah bisa menikmati pantai pasir putih dengan pemandangan laut lepas berwarna biru cerah di Merauke. Tentu saja pemandangan ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, ataupun Sulawesi. Orang Merauke selalu merekomendasikan datang ke Pantai Lampu Satu. Jarak pantai indah ini dari kota Merauke hanya sekitar 4 kilometer jadi memang enggak jauh. Di pantai ini kamu bisa menikmati sunset yang indah sambil duduk-duduk atau bermain air di laut. Selain laut kamu juga bisa memandangi indahnya mercusuar yang berdiri tegak menghadap laut. Kalau kamu masih kurang puas kamu juga bisa langsung mengunjungi Pantai Natsai yang jauh lebih sepi. Bukti dan hutan yang akan membuatmu berdecak kagum. Pantai-pantai di Merauke bukan hanya dua ini saja loh, masih banyak pantai lain yang bisa kamu temukan di Merauke, Papua.

3. Keindahan hutan hijau di Merauke, Papua
Alam di Merauke memang masih sangat asli rasanya enggak perlu jauh-jauh untuk bisa melihat barisan bukit atau hutan. Wilayah Indonesia paling timur ini memiliki hutan-hutan yang masih hijau dan asri, bukan hanya hutan kamu juga bisa melihat fauna liar yang tinggal berdampingan dengan manusia. Obyek wisata di Merauke yang juga enggak bisa kamu lewatkan ya hutan-hutan alam yang masih sangat asri ini. Coba deh untuk mengeksplor beberapa hutan bersama warga lokal di sana. Pasti kamu bisa mendapatkan pengalaman seru yang enggak bisa kamu lupakan.

4. Suku-suku asli yang masih mempertahankan adat istiadat
Merauke adalah rumah untuk suku Marind, suku asli Merauke ini sampai sekarang masih bisa kamu temukan. Ya walaupun jumlah suku Marind semakin berkurang, kamu tetap kok bisa melihat suku asli ini di Merauke. Tentu saja suku asli kota paling timur Indonesia ini mempunyai adat istiadat dan aturannya sendiri. Salah satu adat istiadat yang masih digunakan suku Marind adalah menjaga hutan dengan aturan adat yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

5. Taman Nasional Wasur yang menyimpan flora dan fauna langka
Kamu tahu enggak ada binatang yang namanya wasur? Wasur adalah hewan khas Papua yang dilindungi keberadannya. Bentuk hewan ini sangat mirip dengan kanguru yang ada di Australia, bedanya wasur ukurannya lebih kecil. Kalau mau melihat bagaimana wasur hidup di alam aslinya kamu wajib mengunjungi Taman Nasional Wasur. Wisata Merauke yang satu ini jadi tempat yang sangat wajib dikunjungi nih. Taman nasional ini tentu bukan hanya melindungi keberadaan wasur saja, flora dan fauna langka Papua juga dilestarikan di sini. Burung kasuari dan cendrawasih juga bisa kamu lihat di Taman Nasional Wasur ini. Sekitar 70% kawasan taman nasional ini terdiri dari savana jadi banyak flora yang juga hidup di sini.

6. Merasakan kehidupan di perbatasan negara
Seperti yang sudah kamu ketahui Merauke berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini. Di sini kamu bisa merasakan bagaimana hidup di perbatasan negara Indonesia. Jangan lupa untuk datang ke titik perbatasan Papua dan Papua Nugini yang dijaga oleh militer. Oh ya kamu juga bisa melihat tugu kembar yang hanya ada di Merauke dan Sabang.

7. Mengunjungi mall di Kota Merauke
Walaupun berada di ujung paling timur Indonesia, Kota Merauke juga mengikuti kemajuan jaman. Selain pasar tradisional kamu bisa mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan atau mall di Kota Merauke. Walaupun berbeda dengan mall-mall di kota besar yang penuh dengan toko-toko mewah, mall di kota Merauke ini juga bisa jadi tempat hiburan yang menyenangkan juga.

Sumber:

1 Like