Ada wisata apa saja di Dieng Wonosobo?

Dieng memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dan alam yang sangat memesona. Apa saja tempat wisata yang ada di Dieng?

Berikut ini tempat wisata di Dieng:

  1. Gunung Prau
    Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Meski tidak setinggi gunung lainnya, yaitu Sindoro dan Sumbing, namun Gunung Prau juga memiliki kesulitan track yang tidak bisa dianggap mudah. Untuk menuju puncak ada delapan basecamp, berasal dari lima kabupaten berbeda, yaitu Pranten, Dwarawati, Dieng, Kalilembu, Patakbanteng, Igirmranak, Wates, dan Kenjuran. Gunung Prau dikenal memiliki sunrise yang sangat indah. Ada banyak pendaki yang sengaja mendaki pada malam hari untuk menikmati sunrise pada pagi harinya. Selain itu, Gunung Prau juga memiliki Bukit Teletubies yang indah.

  2. Bukit Sikunir
    Jika tidak ingin mendaki Gunung Prau tetapi ingin menikmati keindahan sunrise, Anda dapat mengunjungi Bukit Sikunir. Anda hanya perlu mendaki sekitar 30 menit untuk sampai di puncaknya. Bukit Sikunir ini merupakan salah satu spot melihat golden sunrise terbaik di Indonesia.

  3. Telaga Warna
    Telaga Warna berada di ketinggian 2000 MDPL. Air di danau dapat berubah warna menjadi biru laut, warna lembayung hingga putih kekuningan. Perubahan warna tersebut dikarenakan adanya kandungan sulfur yang tinggi. Keindahan telaga warna ini ternyata tak hanya menarik minat wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

  4. Candi Arjuna
    Candi Arjuna masuk dalam kompleks Pecandian Arjuna, di mana ada candi lainnya, yaitu Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Setiap tahun selalu ada acara di candi ini. Dieng Culture Festival selalu ramai dikunjungi wisatawan. Acara juga selalu meriah dengan adanya jazz di atas awan, pesta lampion, dan pagelaran seni dan budaya. Rangkaian acara utamanya dengan ritual memotong rambut gimbal anak-anak di sana. Kompleks Candi Arjuna merupakan candi tertua di tanah Jawa. Diperkirakan kompleks candi ini dibangun pada awal abad ke-9 Masehi.

Sumber: