Ada Robot yang Bisa Merakit Kursi IKEA Anda

Bagi sebagian orang, merakit furnitur IKEA adalah salah tugas yang paling menyebalkan. Anda harus mengikuti berlembar-lembar instruksi dan berkutat dengan berbagai sekrup dan baut untuk melakukannya. Hanya untuk merakit satu furnitur saja, waktu satu jam bisa melayang. Untungnya, para peneliti di Nanyang Technological University (NTU), Singapura, telah berhasil menciptakan robot yang bisa mengambil alih tugas tersebut.

Menurut saya Merakit sebuah kursi IKEA membutuhkan banyak keterampilan, dari persepsi mengenai di mana obyek-obyek berada, perencanaan gerakan untuk mengambil obyek tersebut, hingga berinteraksi dengan lingkungannya agar tidak bertabrakan.

Untuk melaksanakan tugas kompleks ini, tim profesor Pham Quang Cuong membangun robot selama tiga tahun dengan menggabungkan lengan, penggenggam, sensor untuk mengatur kekuatan, kamera tiga dimensi. Ke depannya, Pham meyakini bahwa robot-robot ini akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk bisa merakit furnitur hanya dengan instruksi verbal dari pemiliknya atau melihat gambar hasil jadinya saja.

Sumber: