Sederhananya emang bener seperti itu. Di pasaran, umumnya suatu merek produk yang memiliki harga lebih tinggi dari produk sejenis merek lain cenderung memiliki kualitas yang lebih baik. Kondisi seperti itu dapat terjadi karena berbagai hal, seperti bahan baku yang lebih berkualitas, desain yang lebih menarik, kualitas branding dan packaging yang lebih baik, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, aku percaya kalo mau main aman pas mau beli suatu produk tapi gatau mau ambil merek yang mana, maka sering kali aku memilih merek yang sedikit lebih mahal dengan harapan kualitasnya lebih baik. Karena lebih baik kita mengeluarkan uang sedikit lebih banyak namun mendapatkan kualitas yang lebih baik, terutama barang yang sifatnya berjangka panjang seperti produk elektronik.
Namun, stereotip “ada harga ada kualitas” ga bisa kita pegang setiap saat. Terdapat kasus luar biasa seperti salah satunya yang sering dilakukan oleh merek Supreme. Supreme sering kali mengeluarkan produk yang fungsinya sangat biasa tapi harganya ga wajar, seperti batu bata yang harga per bijinya 400 ribuan hingga yang terbaru yaitu biskuit Oreo Supreme yang harga per bungkusnya dapat dijual ulang seharga 1,5 juta untuk tiga keping biskuitnya.
Kasus produk Supreme tersebut dapat terjadi karena adanya pengaruh yang luar biasa dari kekuatan branding atau merek. Supreme merupakan merek fashion mewah yang telah ada sejak 1994 dan memiliki berbagai posisi yang istimewa di mata konsumennya, yaitu hanya mengeluarkan produk dengan jumlah terbatas, sering berkolaborasi dengan berbagai merek mewah di dunia, sering meng- endorse selebritis top dunia, dan sebagainya. Sehingga uniknya, Supreme memanfaatkan ketenaran dan kepercayaan konsumen akan merek mereka untuk mengeluarkan berbagai barang yang biasa saja namun memiliki harga yang ga wajar dan terbukti tetap laku keras di pasar. Oleh karena itu, Supreme merupakan salah satu bukti bahwa kekuatan merek (bersama dengan kualitas) merupakan kunci dari kesuksesan penjualan.
Sumber
6 Rahasia Marketing Sukses Ala Produk Supreme - MyLife