Ada berapa macam sambal di Indonesia ?

Di Indonesia memiliki berbagai macam - macam sambal, ada sambal tomat, sambal terasi dan masih banyak lagi yang lainya. Ada berapa jenis sambal di Indonesia ?

  1. Jenis Sambal Cabe Ijo
    Sambal ini lebih dikenal di Padang. Sambal ini berbahan dasar dari cabai ijo. Kamu dapat menemukan sambal ini di restoran padang atau berkreasi mebuatnya sendiri.

  2. Jenis Sambal Kecap
    Sambal yang satu ini akan memberika citarasa yang pedas dan manis. Rasanya yang mantap sangat cocok dihidangkan bersama dengan ikan bakar.
    Tidak hanya sambal cabai hijau saja yang disediakan di sambal cap “Ibu”, ada juga sambal kecap.Sambal kecap tersebut dengan komposisi cabai, bawang merah, bawang putih, gula, garam, terasi udang, kecap manis, minyak nabati, penguat rasa (E621), pengatur keasaman (E260), pengawet (E202). Sambal ini lebih enak disantap dengan ayam, udang, tempe, dan lain-lain.

  3. Jenis Sambal Kacang
    Sambal kacang merupakan salah satu jenis sambal yang terbuat dari bahan campuran kacang tanah goreng dan cabe rawit juga jenis bahan yang lainnya. Sambal kacang merupakan makanan pelengkap yang biasa dinikmati ketika sedang makan.Sambal cap “Ibu” juga menyediakan sambal kacang instan.

  4. Jenis Sambal Bawang
    Sudahkah kamu menocoba sambal bawang? Kenikmatannya bisa menambah cita rasa makanan yang sedang kamu santap. Pada dasarnya ada beragam jenis sambal bawang. Sambal bawang ini juga mudah jika kamu ingin membuatnya sendiri.

  5. Jenis Sambal Tomat
    Sambal ini menggunakan segarnya tomat dan rasa pedas dari cabai. Sambal tomat memang sering menjadi sebuah pelengkap ketika jamuan makan. Namun sambal tomat ini akan memiliki rasa yang begitu nikmat dan lezat jika dipadukan dngan berbagai macam jenis lalapan untuk pelengkapnya.

  6. Jenis Sambal Terasi
    Sambal terasi adalah menu pelengkap makan yang disukai oleh banyak orang termasuk saya. Bagi kebanyakan orang jawa barat (sunda) sambal terasi merupakan salah satu menu wajib saat makan.

  7. Sambal Bajak
    Sambal ini sudah terkenal luas sebagai sambal khas nusantara. Sambal ini seperti sambal terasi yang memilki cita rasa yang lebih kaya dan nempel di lidah. Rasanya yang pedas dan teksturnya yang agak kasar menggugah selera untuk ingin segera menggarapnya sehingga sering dijadikan teman istimewa dalam melengkapi menu hidangan spesial lainnya.Sambal cap “Ibu” juga menyediakan sambal bajak instan.
    Sambal bajak dengan komposisi cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri, laos, sereh bubuk, asam jawa, gula merah, garam, minyak nabati, penguat rasa (E621), pengawet (E202). Sambal bajak khas Jawa Tengah ini cocock disantap sebagai teman makan nasi.

  8. Sambal Dabu-dabu
    Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Manado, Sulawesi Utara. Sambal dabu-dabu ini tersasa segar dan bikin nagih. Banyak yang menilai bahwa sambal dabu-dabu paling pas untuk pendamping makan ikan bakar rica-rica.

  9. Sambal Matah
    Sambal Matah merupakan sambal khas Bali. Sambal khas dari Bali ini biasanya disajikan sebagai pelengkap. Nama sambal matah berarti sambal mentah. Sambal matah terbuat dari bahan-bahan yang segar.

  10. Sambal Colo-colo
    Sambal colo-colo adalah sambal khas Ambon, sambal ini sangat terkenal pedas, dan hampir masyarakat Ambon tidak pernah lepas dari sambal ini, bahan-bahan yang digunakan juga bahan yang sudah umum dan banyak digunakan.

  11. Jenis Sambal Embe
    Selain sambal matah ada juga sambal Embe yang berasal dari Bali. Citarasa dari sambal embe ini tentunya pedas banget serta mantap, sangat cocok deh menemani setiap menu makan kamu.

  12. Jenis Sambal Honje
    Sambel khas tanah Sunda ini terdapat di daerah Kec. Labuan Kab. Pandeglang-Banten sambal ini menjadi menu sajian sedap yang wajib ada di tiap acara makan-makan bersama pada saat kumpul Botram atau Bancakan selain itu juga ngaliwet makan bersama dengan nasi liwet.

  13. Sambal Andaliman
    Sambal yang pedas bukan hanya bisa menimbulkan rasa ketagihan, tapi juga bisa membuat hidangan yang kita makan , terasa lebih sedap. Soto, misalnya, tambah lezat setelah diberi sambal. Nah, mari kita lihat sambal apa saja yang bisa kita tambahkan pada katering kita agar bisa menaikkan rasa masakan yang kita buat.

  14. Sambal belut
    Sambal dengan campuran belut goreng. Rasa sambal yang pedas dan gurih dari belut menjadi perpaduan yang lezat.

  15. Sambal Goang
    Sambal goang adalah sambal dengan bahan cabai, bawang serta garam yang dihaluskan dan disajikan dengan keadaan mentah.

  16. Sambal Roa
    Sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggan yang dihaluskan dan disangrai kemudian dicampur dengan tumisan bumbu halus khas sambal roa beserta pelengkap bahan lainnya ini memang terasa begitu spesial. Ditambah nikmatnya daging ikan roa dalam sajian sambal ini membuat rasa sedapnya tidak ada duanya.

  17. Sambal Kaluku
    Sambal ini mirip dengan serundeng, karena sambel yang dicampur dengan parutan kelapa.

  18. Sambal Seruit
    Sambal ini adalah sambal terasi yang disajikan bersama ikan yang digoreng atau yang dibakar.

  19. Sambal Belacan
    Sambal ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan. Sambal ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, dengan cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk sambal telur.

  20. Sambal Mentah
    Sambal yang haluskan dan disajikan mentah bersama lalapan yang segar.

  21. Sambal kemangi
    Aroma daun kemangi yang sangat khas memang sangat pas untuk menambahkan aroma pada setiap sajian. Menikmati sajian yang menggunakan lalap juga terasa kurang lengkap jika tak ada kemangi. Nah, kali ini daun kemangi menjadi campuran dalam membuat sambal.

  22. Sambal Mangga
    Biasanya memang mangga muda pas dijadikan bahan rujak. Selain itu, mangga muda ini juga populer diolah menjadi sambal. Jika Anda bosan dengan jenis sambal yang itu-itu saja, sebaiknya Anda mencoba sambal ini.

  23. Sambal Goreng Ikan Asin
    Sambal atau sering disebut sambel bagi orang jawa adalah menu masakan yang utama, kurang lengkap rasanya jika hidangan di meja makan anda tiada sambel goreng ikan asin.

  24. Sambal Oncom
    Ciri khas dari olahan sambal oncom basah adalah lenca dan petai dimasak setengah matang agar menghasilakan cita rasa enak dan gurih. Cara membuat sambal oncom basah mudah dan praktis tinggal oncom sama petai dicampurkan dengan bumbu halus seperti kencur, bawang merah dan bawang putih serta kencur.

  25. Sambal Pecel
    Sambal pecel ini bisanya dipakai untuk bumbu atau campuran pecel yang biasanya terdiri atas bayam, daun ketela, kecambah, kol, dan sayur-mayur lainnya yang semuanya telah direbus.

  26. Sambal Peda
    Ikan peda asim memang memiliki rasa dan aroma yang sangat menggugah selera. Ikan kembung yang telah diawetkan dengan cara di asinkan ini selain dipepes cocok juga disajikan dalam sajian yang lain. Misalnya dibuat sambal dengan cabai yang serba hijau.

  27. Sambal petis
    Sambal petis adalah salah satu sambal yang biasanya dijadikan sebagai cocolan gorengan baik itu tahu ataupun tempe goreng. Sambal petis ini memiliki rasa yang enak dan pedas, namun sangat cocok dengan lidah kita.

  28. Sambal Rujak
    Namanya rujak buah segar, pasti sangat nikmat jika disantap pada saat panas begini. Buah-buahan yang segar dan berair dipadu dengan sambal rujak yang segar dan pedas.
    Sekarang tidak perlu repot lagi untuk membuat sambal rujak buah, sambal cap “Ibu’ juga menyediakan sambal instannya.
    Sambal rujak ini memiliki komposisi cabai, sirsak, gula merah, asam jawa, garam yang sangat cocok dimakan bersama buah-buahan.

  29. Sambal Tempoyak
    Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

  30. Sambal Pencit
    Sambal pencit masih jarang mendengar nama sambal ini, kecuali orang Jawa Timur. Pencit merupakan sebutan orang Jawa Timur untuk mangga muda. Jadi, sambal pencit adalah sambal mangga muda sebenarnya.

  31. Sambal Kenari
    Sambal kenari adalah sambal tradisional dari daerah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Sulawesi. Pemakaian kenari membuat sambal ini terasa gurih dan nikmat.

  32. Jenis Sambal Tumpang
    Sambal tumpang merupakan salah satu olahan kuliner nusantara yang cukup digemari banyak orang. Sambal yang satu ini memiliki rasa yang khas yang membedakan dengan sambal-sambal lain.

  33. Jenis Sambal Lingkung
    Sambal lingkung adalah sambal yang dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri, ikan gabus, ikan belida, berbeda dengan sambal pada umumnya yang menonjolkan citarasa pedas, sambal lingkung justru memiliki rasa pedas yang tipis dan rasa gurih yang menonjol.

  34. Jenis Sambal Korek
    Sambal korek yang super pedas bikin keringat bercucuran saat menyantapnya. Apalagi dihidangkan dengan nasi yang masih ngebul, bisa dibilang pedesnya nampol.

  35. Jenis Sambal Dadak
    Sambal dadak cukup terkenal di Indonesia khususnya di tanah Sunda. Biasanya rumah makan Sunda selalu menyediakan resep sambal dadak ini sebagai pendamping aneka masakan Sunda terutama olahan makanan yang digoreng.

  36. Sambal Tutuk
    Sambal tutuk adalah makanan khas yang berasal dari Sumatra Utara tepatnya dari daerah Batak Toba. Berbahan dasar ikan kembung yang sudah diproses dengan cara diasapi atau bisa diganti dengan ikan teri yang dicampur dengan bumbu sambal lain.

  37. Sambal Cibiuk
    Sambal yang di campur dari bahan olahan tersendiri. Sambal ini merupakan sambal yang berasal dari Garut.

  38. Sambal Asem
    Sambal ini merupaka khas Cirebon. Biasanya sambal ini menjadi teman untuk makanan sayur seperti kangkung sambal asem.

  39. Sambal Bongkot
    Sambal ini berasal dari Bali. Nama Bongkot adalah nama lain dari bunga kecombrang, di Bali. Sambal ini terbuat dari bunga kecombrang yang diiris tipis dan dicampur bersama cabai rawit dan bawang. Biasanya untuk menemani lauk ayam atau ikan.

  40. Sambal Kemiri
    Sambal kemiri adalah sambal olahan dari kemiri. Biasanya sambal ini dipakai untuk opor. Selain untuk opor sambal kemiri juga cocok untuk beragam jenis ikan.

  41. Sambal Lado Mudo
    Sambal hijau lado mudo ini berbeda dengan sambal merah biasanya. Sambal ini biasa kita temukan di masakan Padang.

  42. Sambal Petai
    Sambal merah yang di uleg dengan adanya oetai di dalamnya atau sesudah di uleg, petaipun ada di atasnya.

  43. Sambal Parado
    Sambal ini berasal dari Nusa Tenggara Barat. Sambal ini biasanya disantap saat makan ikan laut bakar atau ikan laut goreng .

  44. Sambal Teri Asam
    Sambal ini adalah gabungan antara sambal merah dan teri . Sambal ini bisa disantap dengan urap Aceh.

  45. Sambal Goreng Kentang
    Makanan yang berbahan dasar kentang ini termasuk menu favorit di acara Lebaran. Tidak jarang makanan ini disajikan dalam menu makan sehari-hari.

  46. Jenis Sambal Telur Ceplok
    Sambal ini merupakan paduan dari sambal balado yang disajikan bersama telor ceplok.

  47. Sambal Tumis Kecap
    Sambal ini campuran dari tahu yang sudah digoreng dalam bentuk dadu yang ditumis dengan campuran kecap manis dan cabai.

  48. Sambal Tempe Buncis
    Sambal ini memiliki dua bahan tambahan utama yaitu tempe dan buncis yang dipotong sesuai selera. Khas dari sambal ini memakai potongan bawang bombay yang dipotong kasar.

  49. Sambal Teri Medan
    Sambal khas medan ini bisa bertahan cukup lama dengan cara disimpan di dalam toples kedap udara. sambal ini biasanya disajikan sebagai pendamping nasi.

  50. Sambal Goreng Cirebon
    Berbeda dengan sambal-sambal lainnya, sambal ini menggunakan bahan utamanya adalah daging. Daging yang dimasak hingga empuk, setelah itu cabai yang sudah dipotong kecil-kecil ditumis bersamaan dengan daging.

  51. Sambal Bacang
    Sambal ini hampir sama dengan sambal mangga. Buah bacang satu jenis dengan buah mangga. Khususnya masyarakat di Sumatera Selatan yang mencampurkan buah bacang ke dalam sambalnya.