Ada berapa macam ginginva?

ginginva atau sering disebut dengan gusi terdapat berbagai macam dengan fungsi atau bentuk masing-masing.gi

Gingiva yang dalam bahasa awam disebut gusi adalah jaringan lunak mengelilingi dan menyangga gigi. warnanya bergantung pada pigmentasi seseorang.Gingiva melekat pada gigi dan tulang alveolar. Gingiva berfungsi melindungi jaringan di bawah perlekatan gigi terhadap pengaruh lingkungan rongga mulut. Menurut daerahnya, gingiva dibagi menjadi tiga yaitu:

a. Marginal gingiva / Gingiva tepi / Gingiva bebas:
Marginal gingival adalah bagian gingiva yang terletak pada daerah korona dan tidak melekat pada gingiva. Dekat tepi gingiva terdapat suatu alur dangkal yang disebut sulkus gingiva yang mengelilingi setiap gigi.
Sulkus gingiva : Ruang dangkal antara tepi gingiva dan gigi. Pada gigi yang sehat, kedalaman sulkus gingival bervariasi sekitar 0,5 – 2 m.

b. Attached / Attachment Gingiva

Merupakan kelanjutan dari marginal gingiva. Jaringan padat ini terletak pada daerah apikal dari gingiva tepi dan cekungan marginal gingiva. Terikat kuat dengan periosteum tulang alveolar di bawahnya. Permukaan luar dari attached gingiva terus memanjang ke mukosa alveolar yang lebih kendur dan dapat digerakkan, bagian tersebut dinamakan mucogingival junction.

c. Interdental Gingiva / Papilla Interedental

Berlokasi di antara gigi pada daerah mesiodistal dari gigi-gigi. Interdental gingiva berbentuk seperti piramida dan sangat penting karena merupakan daerah stagnasi bakteri yang paling persisten, strukturnya menyebabkan daerah ini sangat peka dan biasanya menjadi tempat awal timbulnya lesi pada gingivitis.

sumber:https://balidentistry.wordpress.com/2012/12/09/jaringan-periodontal/