Ada apa saja di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango?

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini terletak di kawasan Cianjur tepatnya di Jalan Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur memiliki luas sekitar 15.196 hektar. Wilayah seluas itu mencakup berbagai tempat antara lain: Cagar Alam Gunung Gede-Pangrango, wilayah rekreasi wisata Situgunung, hutan di lereng Gunung Gede seluas 2.958 meter, Gunung Pangrango 3.019 meter, Cimungkat dan Cibodas. TNGGP sudah ditetapkan sebagai cagar alam Biosphere yang harus dilestarikan. Apa saja objek-objek menarik yang ada di sekitar TNGGP?

Buat kalian yang suka mendaki-daki gunung dan seneng main air, di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini terdapat air terjun. Warga sekitar khususnya orang Sunda biasa menyebutnya dengan Curug. Di TNGGP sendiri air terjun yang terkenal ialah air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum. Curug Cibeureum memiliki ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah, untuk mencapai air terjun yang satu ini kalian harus berjalan sejauh 2,8 kilometer dari Cibodas. Tenang saja, setelah berjalan jauh kalian akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Selain air terjun terdapat juga Danau Biru yang terletak di ketinggian 1.575 meter dan memiliki jarak sekitar 1,5 kilometer dari pintu masuk utama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bunga cantik dan langka Edelweiss juga ada di TNGGP, tepatnya di alun-alun Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi. Bunga putih yang warna dan wanginya tetap awet tersebut bisa ditemukan di sebelah utara Gunung Gede dan di sebelah selatan Gunung Pangrango. Buat ngeliat indahnya bunga tersebut kira-kira kalian harus berjalan mendaki ke atas gunung tersebut sekitar enam sampai sepuluh jam dari Cibodas. Tapi sebelumnya kalian bakal ngelewatin beberapa tempat menarik juga seperti, telaga biru, air terjun hangat, kandang batu dan kandang badak.

Tak hanya bisa melihat Edelweiss, ketika sudah sampai di ketinggian kamu juga bisa melihat pemandangan yang luar biasa yakni pemandangan Gunung Krakatau dan Sumatra dari kejauhan dan jika kalian menengok ke bawah kalian akan bisa melihat pemandangan kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, bahkan Jakarta.

Sumber: