Ada apa saja di makam raja romawi kuno?

Jika berkunjung ke Yordania, tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi objek wisata Petra yang dikenal sebagai makam seorang raja dari bangsa Romawi kuno. Kota kuno yang kini tidak berpenghuni ini didirikan oleh seorang raja bernama Raja Aretas IV. Namun, ada apa saja di makam tersebut?

Kondisi menuju objek wisata ini sangatlah keras, sinar matahari panas menyengat kulit itu disebabkan jarang adanya pepohonan di sekitar sini hanya ada bebatuan dan area berdebu di sepanjang perjalanan. Sangat disarankan banget nih buat anak backpacker untuk memakai penutup kepala, masker dan kacamata gelap. Hal ini bertujuan untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung, udara yang sangat berdebu dan mengandung pasir dan juga mencegah hidung dari aroma menyengat yang berasal dari kotoran unta atau kuda.

Namun disamping itu semua, pemandangan yang ditawarkan sangatlah memukau perhatian. Relief-relief indah terpahat di permukaan tebing bukit-bukit batu, lalu ada celah gunung yang menakjubkan. Celah gunung selebar 5 meter ini biasa digunakan sebagai saluran air saat hujan.

Pemandangan menakjubkan lainnya bakal kalian temukan ketika sudah mencapai pusat kota kuno Petra. Kalian akan dihebohkan dengan arsitektur makam Raja Romawi kuno yang sangat cantik dipenuhi dengan beberapa detil yang mengagumkan. Selain makan raja, kalian juga akan melihat pemandangan yang gak kalah kerennya dari tempat pengorbanan. Tempat pengorbanan ini berada di atas pegunungan batu di sekitar Petra. Altar yang tinggi terbuat dari batu digunakan sebagai tempat pengorbanan zaman Romawi kuno. Di sekitar tempat pengorbanan terdapat banyak makan-makam dengan pemandangan yang sangat indah.

Sumber: