Ada apa dengan manusia poppo dari Sulawesi Selatan?

Kuyang Atau Poppo
Pernahkah mendengar nama Poppo? Hati-hati bila anda sudah berada di tanah Sulawesi Selatan. Konon, manusia Poppo banyak ditemukan di daerah sekitar Sinjai Barat, Pinrang dan Bulukumba, tetapi tidak jarang bahwa banyak yang mengatakan keberadaan Poppo itu tersebar di seluruh Sulawesi Selatan. Bagaimana menurut kalian?

Poppo’ sering disalahartikan sebagai hantu padahal Poppo’ bukanlah hantu, sama seperti Parakang, Poppo adalah sejenis ilmu kebatinan yang mengharuskan penganutnya berubah menjadi Poppo’ baik secara suka atau terpaksa. Ilmu Poppo’ sebenarnya bukanlah ilmu kebatinan asli dari Sulawesi Selatan, akan tetapi ilmu kebatinan sangat banyak ditemukan daerah sekitar Asia Tenggara dengan kondisi Hutan Luas,Rawa yang luas dan juga gunung yang tinggi. Namun nama Poppo’ secara luas hanya digunakan di Daerah Sulawesi Selatan dan Juga Sulawesi Utara.

Nama Poppo’ sendiri berasal dari bunyi yang sering dikeluarkan oleh poppo ketika bepergian. Bunyinya terdengar seperti batok kelapa yang dibelah dengan sekali tebas dengan membenturkan-nya ke lantai. Pelafalan seperti “Pok” yang berulang sebanyak dua kali, bunyi ini menyerupai tempurung kepala yang kering kemudian di ketok dengan tempurung kelapa. Mitos di Sulawesi selatan menceritakan bahwa jika suara Poppo terdengar jauh maka sebenarnya Poppo tersebut dekat dengan anda dan begitu pula sebaliknya. Namun jika bunyi Poppo berulang kali dengan cepat dan berentetan konon Poppo sudah sangat dekat dengan sengaja menuju ke anda.