Abdikasi. Apa Itu di Perpolitikan?

Kurang lebih artinya lepasan jabatan (kekuasaan), hal mengundurkan diri dari jabatan. Ini pernah dan lazim terjadi di Indonesia. Seperti Soeharto tahun 1998 disaat ia mengalami tusukan sekaligus kesulitan membalikkan keadaan krisis. Ia akhirnya melepaskan jabatan secara hormat dan memberi tempat ke Habibie yang sebelumnya adalah wakil presiden.

Contoh lain yaitu Kaisar Jepang Akihito yang telah melaporkan abdikasinya dalam sebuah ritual Shinto di Istana Kekaisaran pada Selasa. Ritual itu memulai rangkaian upacara yang akan mengakhiri tiga dekade kekuasaan Sang Kaisar.

Akihito yang berusai 85 tahun menjadi Kaisar Jepang pertama yang berkuasa di Takhta Bunga Krisan di bawah undang-undang pasca-perang yang hanya menjadikan kaisar sebagai simbol bagi rakyat tanpa kekuatan politik. Dia juga menjadi Kaisar Jepang pertama yang memutuskan turun takhta dalam dua abad terakhir.

Dia menjalankan peran sebagai simbol rekonsiliasi setelah partisipasi dan kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Selama tiga dekade berkuasa, Akihito dan istrinya, Permaisuri Michiko dikenal dekat dengan rakyat Jepang dan banyak turun membantu mereka dalam masa sulit pasca-bencana.

“Saya pikir kaisar dicintai oleh rakyat. Dia memiliki citra dalam mendorong rakyat, seperti setelah bencana, dan menjadi dekat dengan rakyat, ” kata Morio Miyamoto, salah seorang warga kepada Reuters.

“Saya berharap kaisar berikutnya akan, seperti kaisar Heisei, menjadi dekat dengan rakyat dengan cara yang sama,” katanya.

Dalam sebuah pidato di televisi pada 2016, Akihito mengatakan bahwa dia khawatir usianya telah menyulitkannya melakukan tugas-tugas sebagai Kaisar Jepang. Kondisi kesehatan Sang Kaisar yang menderita kanker prostat dan penyakit jantung juga menjadi alasannya memutuskan untuk mengundurkan diri.

Pengunduran diri Kaisar Akihito akan dilakukan secara publik, ditandai dengan upacara singkat dan relatif sederhana di Matsu no ma, atau Aula Pinus di Istana Kekaisaran. Sekira 300 orang akan hadir dalam upacara yang akan disiarkan langsung di televisi itu.

Para hadirin pada upacara pengunduran diri sore itu di antaranya Perdana Menteri Shinzo Abe, Permaisuri Michiko, Putra Mahkota Naruhito dan Putri Mahkota Masako, serta para kepala majelis parlemen dan hakim agung Mahkamah Agung.

Turis dan Jepang maupun mancanegara telah berkumpul di dekat istana menjelang upacara tersebut.

Hari Selasa, 30 April 2019 akan menjadi hari terakhir era Heisei yang dimulai pada 8 Januari 1989, saat Akihito naik takhta. Era baru Jepang yang disebut dengan Reiwa akan dimulai setelah Putra Mahkota Naruhito dinobatkan sebagai kaisar baru dalam upacara terpisah pada Rabu.

Bagaimana menurut Youdics? Apakah ini termasuk tindakan yang bagus dicontoh?