7 Manfaat Mengkolaborasikan Bisnis dengan Media Social

Mengkolaborasikan bisnis saat ini menjadi hal yang penting untuk membesarkan dan memperluas pasar bisnis. Tak terkecuali dengan mengkolaborasikan bisnis dengan jejaring sosial. Dalam sebuah riset mengenai nilai kolaborasi menemukan bahwa seluruh manfaat ekonomi dari kolaborasi sangat signifikan. Perusahaan jasa konsultasi Mckinsey dan Company memperkirakan bahwa penggunaan teknologi jejaring social mampu meningkatkan hingga 20-25% produktivitas karyawan. Signifikansi yang ada tersebut tentunya akan meningkatkan profit perusahaan. Berikut beberapa manfaat mengkolaborasikan bisnis dengan media sosial

1. Perusahaan Akan Mampu untuk Memahami Konsumen
Dengan mengkolaborasikan bisnis dengan media social akan perusahaan akan mampu untuk mengenali pelanggan secara personal maupun komunitas. Data yang bisa diambil antara lain adalah jenis kelamin, usia, hobi, domisili, pola interaksi dan data lainnya. Dengan data-data yang ada perusahaan mampu untuk memahami kebutuhan konsumen, sehingga produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan akan mampu mencapai sasaran yang tepat.

2. Membantu untuk Mencari Target Pelanggan Secara Efektif
Dengan adanya fasilitas geotagging yang ada dalam beberapa jejaring social akan mempermudah perusahaan untuk mengetahui keberadaan konsumen dan menemukan potensi untuk perluasan pasar.

3. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
dengan menghubungkan perusahaan dengan jejaring social, informasi-informasi dari perusahaan akan sampai kepada pelanggan lebih cepat dan intens. Selain itu, jejaring social mampu dimanfaatkan untuk menjalin hubungan sebelum menjadi customer, ketika menjadi customer dan setelah menjadi customer, sehingga akan sangat membantu perusahaan untuk

4. Konsumen Dapat Memberikan Feedback Layanan atau Jasa dari Perusahaan Secara Langsung
Dengan adanya social media perusahaan akan mendapatkan feedback langsung dari pengguna. Feedback yang diberikan cenderung diberikan secara jujur mengenai produk yang diberikan oleh pelanggan. Dengan adanya berbagai respon yang ada dapat dijadikan masukan berharga kepada perusahaan untuk terus memperbaiki produknya. Selain itu perusahaan mampu untuk melihat respon pasar terhadap produk-produk yang diluncurkan sesuai dengan perspektif pelanggan.

5. Meningkatkan Rating di Search Engine dan Meningkatkan Jumlah Kunjungan ke Website
Dengan adanya social media akan meningkatkan rating di search engine. Hal ini karena adanya kemungkinan social media diakses oleh masyarakat. Jika situs atau media social dirasa memberi manfaat, maka masyarakat akan cenderung untuk membagikannya. Kemungkinan situs diakses pun akan semakin besar.

6. Dapat Membagikan Informasi dengan Cepat dan Mudah
Dengan sekali klik dan share saja informasi akan tersebar. dengan kemudahan membagikan informasi ini akan meningkatkan pula pertukaran informasi kepada pelanggan. Dari segi promosi, akan menghemat biaya.

7. Meningkatkan Brand Awareness terhadap Produk Perusahaan
Semakin sering suatu perusahaan melakukan posting dan sharing di media social, tentunya akan membuat masyarakat semakin familiar dengan produknya. Repetisi produk pada media social secara berulang-ulang akan membuat masyarakat akan menyadari keberadaan produk dan akan lebih mudah mengingatnya.

Adakah manfaat lainnya menurut Anda?

References:
Laudon & Laudon. 2014. Sistem Informasi Manajemen; Mengelola Perusahaan Digital. Salemba empat: Jakarta Selatan
http://www.progresstech.co.id