7 Jurus Betah di Pesantren

7 Jurus Betah di Pesantren

“Buku ini mengalirkan nada yang sangat menarik tentang jurus menaklukan tantangan di pesantren. Alur cerita bagai ketukan nada yang apik, santai, tepat sasaran, dan mencerahkan bagi santri, dan orangtuanya.”
—DR. Sovia Mas Ayu, Wali Santri, Dosen UIN Raden Intan Lampung

Deskripsi Buku


Di pesantren santri beralih dari situasi hidup yang serba dilayani (home service) kepada hidup yang melayani diri sendiri (selfservice). Para santri ditempa supaya berani, mandiri, dan percaya diri. Selain itu, tantangan yang ada di pesantren menuntut mereka untuk kreatif memecahkan masalahnya sendiri. Mereka diajarkan untuk mau menunda kesenangan, bertarung melawan jenuh, bertahan dalam keterbatasan, dan berjibaku dengan waktu. Tantangan-tantangan itulah yang kadang membuat santri oleng, tak sedikit yang akhirnya tumbang. Sayang jika mereka harus berhenti di tengah jalan.

Perlu formula yang dapat membantu santri, orangtua, dan pesantren itu sendiri untuk memahami tantangan dan mengatasi masalah selama hidup di pesantren. Buku ini memberikan tips dan trik bagaimana supaya bisa enjoy di pesantren, supaya bisa nyantri sepenuh hati, berani menaklukan tantangan, lalu mengubahnya menjadi peluang untuk meraih masa depan yang gemilang.

Buku ini wajib bagi orangtua yang ingin memiliki anak hebat hasil didikan pesantren. Buku ini wajib bagi santri yang ingin membahagiakan orangtua dengan prestasi.”
—DR. Saiful Falah, Pimpinan Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami Bogor

Detail Buku


Weight 300 g
Dimensions 13.5 × 20.5 cm
Halaman xiv + 200 hal
Tahun Terbit 2019
Author Saeful Bahri
Publisher Buku Republika

Detail Pengarang


Saeful Bahri Alumnus Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung tahun 1995. Selain mengajar, ia saat ini menjadi Kepala Bagian Pengajaran Pondok Pesantren Daar el Qolam 3