5 Museum Seni yang Diakui Paling Hits & Terlengkap, Pernah ke Sana?

Museum Louvre

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan museum seni terbesar sedunia dan juga monumen bersejerah yang terletak di jantung kota Paris ini. Pertama kali dibuka pada tanggal 10 Agustus 1793, museum ini telah memamerkan sekitar 573 karya lukis, dan jumlahnya terus bertambah seiring berjalannya program renovasi gedung. Sampai sekarang, Museum Louvre menyimpan lebih dari 380.000 objek dan memajang 35.000 karya seni di lahan seluas lebih dari 60.600 meter persegi.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah pengunjung pada 2016 tercatat sebanyak 7,3 juta orang dari seluruh dunia. Untuk kamu pecinta seni dan sejarah, buruan gabung gih! Sayang kan kalau cuma dipelototin aja fotonya.

Louvre Abu Dhabi

Museum yang baru diresmikan pada 8 November 2017 ini merupakan museum seni dan peradaban yang bisa dikunjungi di Distrik Budaya Pulau Saadiyat, Abu Dhabi, UEA. Museum dengan luas 24.000 meter persegi ini mendapat predikat baik sebagai museum seni terbesar di penjuru Jazirah Arab dan terletak berdampingan dengan bangunan-bangunan megah lainnya rancangan arsitek kelas dunia, sebut saja Museum Nasional Zayed dan Guggenheim Abu Dhabi.

Bagaimana? Tidak kalah hebat dari Louvre di Paris, kan? Kalau kamu masuk ke dalamnya dan menatap langit-langit kubah yang luar biasa rumit dan anti mainstream, dijamin bikin geleng-geleng kepala!

Museum Vatikan

Museum Vatikan, yang dalam bahasa Italia ditulis Musei Vaticani, merupakan kumpulan beberapa museum kesenian publik dan patung di kota Vatikan. Didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-16, museum ini memfokuskan diri dalam menampilkan karya-karya Gereja Katolik Roma, seperti beberapa lukisan Caravaggio, lukisan wajah Santo Hieronimus, mahakarya Leonardo da Vinci, Raphael, Nicolas Poussin dan Titian.

Aura seni dan estetika dari abad pertengahan akan langsung kamu rasakan begitu memasuki ruangan utama museum. Tidak hanya bisa kamu lihat di dalam panel kaca, karya-karya lukisan para maestro bahkan turut menghiasi dinding dan langit-langit yang super eksotis!

British Museum

Inilah salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Pihak pengelola menggunakan sistem pembagian unit departemen untuk menyimpan koleksi dari seluruh benua di antaranya Departemen Mesir Kuno dan Sudan, Departemen Yunani dan Romawi, Departemen Timur Tengah, Departemen Seni Cetak dan Gambar, Departemen Prasejarah dan Eropa, Departemen Afrika, Oseania dan Amerika, Departemen Koin dan Medali, Departemen Konseravsi dan Peneitian Ilmiah, serta dilengkapi perpustakaan nasional dan perusahaan percetakan milik pribadi.

Koleksi yang ditawarkan mencakup lebih dari 8 juta benda, menjadikan British Museum sebagai salah satu museum dengan jumlah koleksi terbesar dan terlengkap di dunia, yang memberikan gambaran dan dokumentasi sejarah kebudayaan manusia sejak awal masa prasejarah. Seperti museum lainnya diseluruh Britania Raya, museum ini tidak menarik biaya masuk lho. So, kurang apa lagi coba.

Tate Modern

Faktanya, Tate Modern yang berlokasi di London adalah galeri seni modern yang paling sering dikunjungi di dunia, dengan sekitar 4,7 juta pengunjung per tahun. Bangunan Galeri setinggi 99 meter ini adalah galeri seni nasional Inggris yang khusus mendokumentasikan karya seni modern internasional bersama dengan koleksi seni kontemporer dari tahun 1900 hingga saat ini.

Kalau kamu mau menyempatkan diri berkunjung, kamu hanya perlu mengikuti rute perjalanan menuju bekas Stasiun Berkshire Power, Bankside, London Tengah, lokasi di mana Tate Modern berdiri.

Ada juga The Metropolitan Museum of Art. Museum ini bisa kamu temukan di jantung kota New York, Amerika Serikat, tepatnya di ujung timur Central Park. Koleksi tetapnya berjumlah lebih dari dua juta karya seni dan terbagi ke dalam sembilan belas departemen kuratorial, termasuk Departemen Lukisan Eropa yang memiliki 1.700 buah karya pelukis abad pertengahan. Ada juga Departemen Seni Islam dengan 12.000 koleksinya didatangkan langsung dari wilayah Arab, Turki, Iran, Asia Tengah serta Asia Selatan.

Total wilayah yang ditempati seluas lebih dari 190.000 meter persegi dan bangunan utamanya merupakan salah satu galeri seni terbesar yang pernah dibuat sepanjang sejarah. Bagi kamu yang tertarik dengan seni instrumen musik, ada juga beberapa koleksi biola karya Stradivari. Itu lho, sang seniman jenius yang karya-karya berharganya seringkali menjadi incaran kelompok pencuri!