5 Manfaat Zat Besi untuk Bayi dan Anak, Bisa Mengurangi Risiko Kematian Lho | Fernbaby

Fernbaby - Zat besi sangat penting untuk tubuh, terutama bagi bayi dan anak-anak yang membutuhkan banyak gizi. Zat besi juga merupakan zat penting untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang mereka agar menjadi anak yang sehat dan berkembang dengan sangat baik.

Bayi dan anak-anak yang tidak mendapatkan zat besi yang cukup atau mengalami kekurangan zat besi berkemungkinan besar akan kurang aktif secara fisik dan mengalami perkembangan yang lebih lambat. Mereka mungkin juga menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Berat badan sulit naik

  • Kulit pucat

  • Nafsu makan kurang

  • Mudah marah (rewel)

Kekurangan zat besi juga dapat memengaruhi kinerja anak yang lebih besar di luar rumah, seperti ketika berada di sekolah. Kadar zat besi yang rendah dapat membuat anak sulit berkonsentrasi dan menyebabkan fisik mereka merasa lebih cepat lelah dan lemah.

Bayi dan anak-anak membutuhkan zat besi untuk perkembangan otak yang normal. Zat besi penting untuk perkembangan otak dan pembentukan sel darah merah baru untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah merah (anemia). Namun selain itu, besi memiliki kelebihan lain yang tidak kalah penting.

Berikut manfaat zat besi untuk bayi dan anak:

1. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan motorik

Zat besi dapat meningkatkan kecerdasan dan keterampilan motorik pada anak. Jika anak mengalami kekurangan zat gizi, seperti zat besi, maka pertumbuhan anak akan terhambat. Penjajaran, berat, dan ukuran yang terlambat ini dikaitkan dengan perkembangan motorik.

2. Mengurangi risiko gangguan kognitif dan fisik

Kekurangan zat besi pada usia dini dapat menjadi penyebab gangguan kognitif dan fisik yang bahkan meningkatkan risiko kematian. Hal ini karena zat besi bertanggung jawab untuk sirkulasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika jaringan tulang kekurangan oksigen, tulang berkembang secara optimal. Hal ini menyebabkan risiko stunting lebih tinggi.

3. Menangkal Risiko Stunting

Menurut Tanoto Foundation, stunting adalah suatu kondisi di mana seorang anak tidak tumbuh dengan kecepatan yang sesuai dengan usianya. Stunting merupakan salah satu bentuk malnutrisi, khususnya malnutrisi.

Deformitas ditandai dengan kurangnya tinggi dan panjang tubuh dalam kaitannya dengan usia. Jika makanan anak begitu lengkap sehingga dia tidak menderita kekurangan gizi, maka situasi ini tidak terjadi. Dan zat besi merupakan salah satu nutrisi yang harus terpenuhi.

4. Metabolisme tubuh yang optimal

Zat besi mampu mendukung pembentukan enzim yang secara tidak langsung mengoptimalkan metabolisme tubuh. Metabolisme mengacu pada proses pengelolaan nutrisi dari makanan yang diserap oleh tubuh dan kemudian diubah menjadi energi.

Semua fungsi tubuh didukung oleh energi ini. Ini termasuk berpikir, bernapas, tumbuh, bergerak dalam aktivitas.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Gejala anemia atau anemia menyebabkan gangguan tidur, sehingga kualitas tidur menurun. Jika anak mengalami penurunan kualitas tidur, ini mungkin mengindikasikan kekurangan zat besi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan zat besi maka kualitas tidur dapat dihilangkan.

Setelah memahami manfaat zat besi, hendaknya orang tua lebih memperhatikan terpenuhi atau tidaknya kebutuhan zat besi anaknya agar tumbuh kembang anaknya tepat.

Kini susu formula New Zealand terbaik dari Fernbaby hadir di Indonesia

Seperti yang kita ketahui, New Zealand dikenal sebagai negara dengan kualitas susu terbaik. Untuk memenuhi harapan para orang tua di Indonesia, Fernbaby Newzealand kini memasuki pasar Indonesia.

Terbuat dari bahan terbaik untuk kualitas bangunan terbaik. Fernbaby berkomitmen untuk membantu anak-anak Indonesia mencapai impian mereka melalui nutrisi dan nutrisi pendukung.

Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Kelas atas pasti berfokus pada kualitas tinggi. ***