5 Hal Ini Dapat Kalian Lakukan Ketika Liburan di Pulau Penang, Malaysia

Pulau Penang atau Pinang merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia dan beribukota di George Town. Wilayah ini terdiri dari Pulau Penang itu sendiri dan Seberang Perai. Banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Penang sebagai destinasi alternatif apabila bosan jalan-jalan di Kuala Lumpur.

Perjalanan menuju Penang dapat ditempuh melalui darat atau udara. Dari Kuala Lumpur membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam menggunakan bus atau mobil; 3,5 sampai 4 jam dengan kereta api ETS (Electric Train Service); dan hanya 30 menit apabila naik pesawat dari KLIA atau KLIA2. Kira-kira, kegiatan apa saja yang bisa kalian lakukan di Pulau Penang?

Menyusuri jembatan terpanjang di Asia Tenggara

Ada dua alternatif pilihan dari Seberang Perai menuju Pulau Penang, yaitu melalui tol Penang Bridge atau naik kapal ferry. Penang Bridge sendiri ada dua, yaitu Penang Bridge pertama yang memiliki panjang 13,5 km dan Penang Second Bridge yang memiliki panjang 23,5 km.

Jembatan kedua (Penang Second Bridge) kemudian dinamakan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Diambil dari nama Yang di-Pertuan Agong (kepala negara Malaysia) saat itu, dan memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara sekaligus menjadi landmark Pulau Penang.

Jika mengendarai mobil pribadi, kalian dapat menyusuri kemegahan jembatan ini sembari menikmati hembusan angin laut. Suasana akan semakin indah di malam hari karena adanya cahaya lampu di sepanjang jembatan. Namun apabila naik bus dan tetap ingin menikmati jembatan ini, kalian disarankan untuk turun di Terminal Sungai Nibong yang terletak di Pulau Penang dan sudah pasti melalui jembatan tersebut.

Berjalan-jalan menikmati bangunan tua di George Town

George Town merupakan ibukota Penang yang terletak di sisi timur Pulau Penang. Begitu menginjakkan kaki di kota ini, kalian akan dibawa ke dimensi lain di masa lalu. Jika kalian pecinta sejarah, maka kalian berada di tempat yang tepat.

Bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun masih kokoh berdiri dan difungsikan sebagai sekolah, museum, bank dan hotel. Gaya arsitekturnya pun beragam, mulai dari India, China, hingga kolonial Inggris. Tak heran jika Geroge Town (bersama Melaka) ditetapkan sebagai World Heritage Site atau situs warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2008.

Berburu foto street art di George Town

image

Selain bangunan tua, ada magnet lain yang menarik wisatawan untuk datang ke George Town, yaitu street art painting atau mural hasil tangan kreatif seniman Ernest Zacharevic yang tersebar di beberapa titik di kota ini. Dalam setiap karya muralnya di dinding-dinding bangunan, Zacharevic memadukannya dengan beragam properti seperti sepeda, motor dan ayunan sehingga memberikan kesan ‘hidup’. Tak jarang wisatawan melakukan pose-pose unik di depan mural-mural tersebut. Kalian juga wajib melakukannya!

Belajar tentang sejarah dan perkembangan dunia kuliner di Wonderfood Museum

Sebelum memasuki museum ini, kalian disarankan untuk makan sampai kenyang terlebih dahulu karena apabila dalam keadaan lapar dijamin tidak akan kuat menahan air liur. Sesuai dengan namanya, Wonderfood museum ini menampilkan segala hal yang berkaitan dengan makanan sehari-hari masyarakat Malaysia.

Mulai dari bahan makanan, perkembangan teknologi cara mengolah makanan, hingga replika kedai yang menjual bahan makanan. Semua replika makanan yang ditampilkan di musem ini terbuat dari lilin (wax) yang dibentuk dan diberi warna sedemikian rupa dan sedetail mungkin sehingga terlihat sangat nyata. Yakin bisa menahan godaan?

Melihat Pulau Penang dari atas Penang Hill

Berpindah sejenak dari George Town, kalian bisa pergi ke Penang Hill atau dikenal juga dengan sebutan Bukit Bendera. Dengan ketinggian lebih dari 700 mdpl, Penang Hill menjadi dataran paling tinggi di Pulau Penang. Untuk mencapainya, kalian harus naik fenicular train dari Railway Lower Station di Ayer Itam menuju Railway Upper Station dengan membayar sebesar RM 30 pulang-pergi (harga untuk wisatawan asing dewasa).

Fyi, fenicular train ini adalah kereta khusus untuk di daerah perbukitan dengan bentuk unik tidak seperti kereta pada umumnya. Kereta ini memiliki kemiringan 45 derajat dan kursi-kursinya disusun menyerupai anak tangga. Hanya membutuhkan waktu 10 menit, pemandangan indah Pulau Penang dari atas sudah di depan mata.

Di Penang Hill kalian bisa mengunjungi The Owl Museum dengan membayar RM 10. Di dalamnya terdapat pernak-pernik, lukisan, boneka, patung, dan segala hal yang berhubungan dengan burung hantu. Selain itu juga terdapat restoran, foodcourt, kafe, masjid, kuil hindu, love lock (gembok cinta ala Korea), hotel, persewaan mobil buggy untuk berkeliling Penang Hill, dan juga spot untuk meneropong Pulau Penang dari atas. Di salah satu sudut Penang Hill terdapat tulisan yang bikin kalian gak nyesel berkunjung ke sini, yaitu “You’ve never been to Penang unless you’ve been to Penang Hill”.

Kamu juga bisa Bermain bersama kupu-kupu dan serangga di Entopia. Entopia merupakan tempat pemeliharaan kupu-kupu dan berbagai serangga lainnya di bawah naungan Penang Butterfly Farm. Tempat ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1986 kemudian diperbarui lagi dan diresmikan kembali pada tahun 2016. Entopia terletak di wilayah Teluk Bahang, antara George Town dan Pantai Batu Ferringhi.

Entopia memiliki dua konsep ruang, yaitu The Natureland dan The Cocoon. The Natureland memiliki konsep outdoor yang menyatukan berbagai ekologi dengan koleksi binatang di sana. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terbang di sekelilingnya.

Di tempat ini juga ada lebih dari 200 spesies tanaman dengan fitur artistik seperti air terjun, kolam, dan gua. Sedangkan The Cocoon memiliki konsep indoor yang digunakan sebagai sarana edukasi dan atraksi menarik seperti Hutan Pandora, tempat perkembangbiakan, dan lainnya.

Harga tiket masuk Entopia adalah RM 65 untuk dewasa dan RM 45 untuk anak-anak. Tertarik untuk berpetualang ke sana?