5 cagar alam terbaik di Indonesia, apa saja?

cagar alam terbaik di Indonesia
Cagar alam merupakan kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan flora, fauna, dan ekosistem tertentu yang dilindungi dan perkembangannya dari ekosistem tersebut berlangsung secara alami. Baik flora maupun fauna yang hidup di dalam kawasan cagar alam tersebut dilindungi keberadaannya. Diharapkan, keberadaan flora dan fauna yang dilindungi tersebut dapat bermanfaat untuk masa yang akan datang.
Nah dimanakah cagar alam terbaik yang ada di Indonesia ?

1 Like

1. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Tanjung Puting dikenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi hingga 40 ribu ekor. Di sini, kamu bisa lebih mengenal tentang orang utan, dan kenapa hewan ini harus dilindungi.
Ada pun biaya yang harus dikeluarkan, seperti tiket masuk Rp 12 ribu, kamera Rp 5 ribu, handycam Rp 15 ribu, tiket klotok Rp 50 ribu, dan parkir klotok Rp 10 ribu.

2. Cagar Alam Maninjau, Agam, Sumatera Barat

Selain orangutan, harimau juga sering diburu karena dianggap menganggu ketenangan permukiman warga. Di kawasan Agam Sumatera Barat, terdapat sebuah cagar alam yang menjadi berkumpulnya binatang buas dan bunga langka. Meski nggak bisa melihat secara langsung, terdapat habitat harimau Sumatera dan beruang madu. Di tempat ini kamu bisa lebih mengenal dua hewan tersebut. Desember lalu, bunga raflesia terbesar berdiameter hingga 107 cm tumbuh di sini. Salah satu daya tarik utama lainnya adalah adanya Danau Maninjau seluas 99,5 km.

3. Cagar Alam Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Meski memang belum ada sosialisasinya, ternyata kawasan Gunung Ijen sudah dijadikan salah satu cagar alam di Indonesia. Luas wilayah wisata alam di Kawah Ijen hanya sekitar 93 hektar, sisanya digunakan cagar alam. Terdapat elang Jawa dan beberapa tanaman langka yang dilindungi di kawasan cagar alam Kawah Ijen untuk bisa kamu kenali. Meski ada pro-kontra, wisata Gunung Ijen memang memesona dengan api biru dan kawah belerangnya.

4. Cagar Alam Waigeo Barat, Raja Ampat, Papua Barat

Banyak tempat indah di Raja Ampat yang membuatnya menjadi destinasi impian para traveler. Bukan hanya pantai, ada cagar alam menawan di Waigeo Barat di Waisai, Papua Barat. Kamu perlu menyewa speed boat seharga Rp 100 ribu per orang dengan waktu tempuh 2-3 jam. Di lahan seluas 95 ribu hektar ini, kamu bisa melihat satwa langka seperti burung cenderawasih. Kondisi cagar alamnya didominasi hutan alami dengan beberapa sungai kecil.

5. Cagar Alam Anak Krakatau, Selat Sunda, Lampung

Kamu bisa belajar banyak hal di sini, terutama sejarah pilu meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Kawasan ini juga dianggap sebagai laboratorium alam terbesar seluas 13 ribu hektar. Tentunya, daya tarik utama di sini adalah sensasi mendaki anak krakatau dengan pemandangan yang sangat eksotis. Selain itu, di sini juga terdapat 206 jenis jamur, 13 jenis lichenes, 61 tumbuhan paku, dan 257 jenis spermatophyta.