4 Fakta mengenai Plastik LDPE (Low Density Polyethilen) yang perlu anda ketahui

ldpe-icon
Plastik merupakan bahan polimer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap produk menggunakan sebagai kemasan atau bahan dasar karena plastik mempunyai keunggulan seperti transparan, tahan air serta harganya relatif murah dan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Polietilena (PE) adalah salah satu jenis plastik yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti kantong plastik yang terbuat dari jenis low density polyethylene (LDPE).

Polietilena berdensitas rendah (low density polyethylene, LDPE) adalah termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Pertama kali diproduksi oleh Imperial Chemical Industries (ICI) pada tahun 1933 menggunakan tekanan tinggi dan polimerisasi radikal bebas. LDPE dapat didaur ulang, dan memiliki nomor 4 pada simbol daur ulang.

• LDPE Memiliki Densitas Rendah dari Jenis PE Lainnya
Low Density Polyethylene (LDPE), sebagaimana dengan namanya, adalah polietilena dengan tingkat densitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan HDPE.

Polietilena terbentuk dari proses polimerisasi atas etilena yang menghasilkan rantai hidrokarbon monomer yang panjang melintang lurus. Lewat penyesuaian saat proses polimerisasi, rantai hidrokarbon monomer tersebut dibuat menjadi bercabang. Tingkat percabangan rantai tersebut lah yang menentukan tipe polietilena yang dihasilkan.

LDPE adalah Polimer Semi-Kristalin
Termoplastik polimer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu polimer amorf dan polimer semi-kristal. LDPE merupakan polimer semi-kristal dengan struktur rantai molekul yang padat. Area polimer yang diisi dengan kristalin disebut sperulit, memiliki bentuk dan luas yang beragam. Area amorf terletak di antara area-area kristalin. Tingkat kristalinitas mempengaruhi karakter dari suatu polimer. Karena strukturnya yang penuh cabang, polimer LDPE memiliki area amorf yang lebih luas dari area kristalinnya. Karakteristik tersebut membuat LDPE memiliki densitas yang rendah, lebih lembut dan fleksibel jika dibandingkan dengan HDPE. Sebagai perbandingan, LDPE memiliki rentang densitas sekitar 0.91-0.94g/cm³. Sedangkan HDPE memiliki rentang densitas sekitar 0.95-0.97/cm³.

LDPE Fleksibel
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, peningkatan karakteristik percabangan pada LDPE menghasilkan produk plastik yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan produk HDPE. Dengan tingkat percabangan yang tinggi, LDPE memiliki ikatan molekular yang renggang sehingga memiliki tensilitas yang rendah pula. Meskipun memiliki tensilitas yang lemah, LDPE memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga plastik LDPE dapat meregang tanpa mengalami kerusakan. Atas alasan tersebut, LDPE sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan film dan kantong plastik.

LDPE Serbaguna
Serupa dengan HDPE, LDPE merupakan salah satu plastik serbaguna yang sering digunakan oleh berbagai industri. Karena tingkat elastisitasnya yang tinggi, LDPE sering diaplikasikan menjadi kantong plastik. Plastik LDPE juga sering ditemukan pada produk kemasan pangan mulai dari bungkus roti, kemasan makanan beku, sampai kemasan produk cair seperti kotak susu dan jus.

Sumber :
https://www.bpf.co.uk/plastipedia/polymers/LDPE.aspx

LDPE adalah termoplastik, yaitu jenis plastik yang bisa diolah lewat pemanasan dan pendinginan. Plastik ini terbuat dari minyak bumi yang telah diproduksi sejak tahun 1933. Karakteristiknya relatif tipis, lentur, jernih, dan ringan sehingga mudah dijadikan beragam material atau produk.

LDPE termasuk jenis polimer yang hadir paling awal dalam dunia industri. Saat ini, LDPE plastik menghadapi persaingan ketat dengan beragam jenis polimer baru, termasuk HDPE. Akan tetapi, keunggulan LDPE membuatnya tetap populer di kalangan pemilik usaha, industri, dan rumah tangga.

Proses Pembuatan Plastik LDPE

Proses Pembuatan Plastik LDPE - Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

LDPE dibuat dengan cara memanaskan minyak bumi menggunakan temperatur yang sangat tinggi. Hasilnya adalah gas etilena yang kemudian didinginkan dan diproses menjadi lelehan polietilena. Setelah dicampur bahan aditif seperti antioksidan dan stabilizer , polietilena kemudian menjadi LDPE resin yang kemudian dibekukan serta dipotong-potong.

Hasil olahan polietilena ini kemudian disimpan dalam kontainer khusus sebelum melalui proses pengeringan serta pemeriksaan. Produk yang kualitasnya sudah terjamin pun siap dikirim ke berbagai pabrik untuk diolah menjadi beragam produk.

Karakteristik Plastik LDPE

Karakteristik Plastik LDPE - Sumber Gambar: pxhere.com

Sebelum menggunakan plastik LDPE, kenali dulu beberapa karakteristik uniknya.

  1. Tahan Terhadap Senyawa Kimia

LDPE tahan terhadap beragam senyawa kimia, terutama cairan asam konsentrat atau terlarut, alkohol, basa, aldehida, keton, minyak sayur, dan ester. Akan tetapi, beberapa senyawa seperti hidrokarbon aromatik, minyak mineral, serta agen oksidasi hanya bisa disimpan dalam jangka pendek di wadah LDPE.

  1. Bahan Lentur dan Sangat Tangguh

Struktur molekul LDPE sedikit lebih banyak dari plastik yang lebih keras seperti HDPE, tetapi masih relatif jarang. Hal ini membuat LDPE relatif lentur, tetapi tangguh. Kedua kualitas ini membuat LDPE cocok sebagai bahan beragam wadah, pembungkus, hingga material untuk produksi.

  1. Mudah Diproses

Bahan termoplastik ini sangat mudah diproses menggunakan teknik seperti LDPE injection . Hal ini menjadikan LDPE salah satu bahan manufaktur terpopuler di dunia, digunakan dalam berbagai industri mulai dari makanan, perlengkapan laboratorium, peralatan rumah tangga, mainan, hingga bagian struktur konstruksi.

  1. Tembus Pandang

Plastik LDPE cenderung tembus pandang, tidak seperti HDPE yang buram. Hal ini memudahkan Anda untuk mendeteksi bahan yang ada di dalamnya.

  1. Aman untuk Kemasan dengan Segel Panas

Bagaimana pabrik membuat kemasan atau bungkusan plastik yang terlihat mulus? Mereka menggunakan teknik segel panas ( heat sealing ). Dalam proses ini, bahan plastik disegel menggunakan panas yang melelehkan permukaan bahan tersebut sehingga melekat. LDPE adalah bahan yang cukup ideal untuk proses pengemasan dengan segel panas.

Macam-Macam Kegunaan Plastik LDPE

Macam-Macam Kegunaan Plastik LDPE - Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Apa peran LDPE dalam kehidupan sehari-hari kita? Inilah beberapa contoh kegunaannya.

  1. Berbagai Macam Wadah Kemasan

LDPE hadir dalam berbagai kemasan, seperti bungkusan makanan kering, kemasan makanan ringan, botol minuman serta saus, dan sebagainya.

  1. Pembungkus Plastik

LDPE hadir dalam wujud beragam pembungkus plastik lentur, mulai dari tas belanja yang sering kita gunakan, plastik pembungkus hidangan ( saran wrap ), hingga tas plastik serbaguna seperti Ziploc.

  1. Komponen Plastik

LDPE menjadi bagian dari komponen plastik pada berbagai produk. Misalnya, kemasan karton produk cair seperti jus dan susu menggunakan lapisan LDPE sebagai penyekat di bagian dalam untuk mencegah kebocoran. Cincin plastik untuk “mengikat” kaleng minuman juga biasanya terbuat dari plastik ini.

  1. Peralatan Laboratorium

Kemampuan LDPE menahan reaksi kimia membuatnya populer sebagai wadah bahan kimia. Anda bisa menemukannya dalam bentuk jeriken, drum, ember, dan botol berbagai ukuran.

Sumber:

https://www.bpf.co.uk/plastipedia/polymers/LDPE.aspx

https://www.curbellplastics.com/Research-Solutions/Materials/LDPE

1 Like

Izin menambahkan sedikit mengenai LDPE (Low Density Polyethylene)

LDPE memiliki Logo atau simbol daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, botol-botol yang lembek, pakaian, mebel dan sebagainya.

Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, Fleksibel dan permukaan agak berlemak, pada suhu 60 derajat sangat resisten terhadap reaksi kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat didaur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibelitas tapi kuat.

Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. LDPE, dapat didaur ulang dengan banyak cara, misalnya dilarutkan ke dalam kaleng, keranjang kompos dan landscaping tiles.

Terimakasih

Plastik adalah bahan yang mudah diulur atau dicetak menjadi berbagai macam bentuk. Umumnya, plastik terbuat dari bahan-bahan kimia turunan minyak bumi.