Bagaimana cara mencegah infeksi Hepatitis?

Menurut data penderita penyakit hepatitis di Indonesia masih terbilang tinggi sehingga memberi teguran bagi siapa saja untuk mewaspadai penyakit ini. Apalagi penyakit bernama hepatitis ini disebabkan oleh virus dengan nama yang sama yang tentunya mudah sekali untuk menular. Proses penularannya sendiri bergantung pada jenis hepatitis yang diderita karena penyakit ini terpisah menjadi lima jenis. Yakni hepatitis A, B, C, D, dan juga hepatitis E yang disebabkan oleh virus berbeda.

Penderita hepatitis B dan juga C bisa menularkan penyakit ini dengan kontak fisik maupun lewat cairan tubuh, baik darah, air liur, dan sebagainya. Sedangkan penderita penyakit hepatitis A dan juga E proses penularan bisa lewat air, makanan, maupun lewat kebiasaan hidup yang jauh dari kata bersih. Sedangkan pada hepatitis D sendiri merupakan kelanjutan dari hepatitis B yang setelah beberapa lama mengalami akumulasi dan berubah menjadi hepatitis D tersebut.

Bagaimana cara mencegah hepatitis?

Pencegahan Infeksi Hepatitis


Meskipun termasuk penyakit yang disebabkan virus dan proses penularannya sangat cepat, penyakit jenis ini bisa dicegah dengan mudah. Berikut cara pencegahan penyakit hepatitis dikutip dari KlikDokter.com:

  1. Melakukan vaksinasi
    Melakukan vaksinasi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penularan hepatitis, berhubung jenis penyakit ini banyak. Maka vaksinasi dilakukan secara bertahap dan tentunya membutuhkan biaya sendiri. Tindakan ini menjadi wajib manakala keluarga memiliki riwayat dengan penyakit satu ini, jadi semakin dini melakukan vaksinasi maka akan semakin baik.

  2. Terbiasa mencuci tangan
    Penyakit apapun yang disebabkan oleh kuman, bakteri, bahkan virus sebenarnya bisa dicegah penularannya dengan terbiasa menjaga kebersihan. Salah satu kebiasaan wajibnya adalah rajin mencuci tangan ketika melakukan penggantian aktifitas. Akan semakin wajib manakala hendak makan, sehingga memastikan tangan bersih dari virus penyebab penyakit satu ini. Asalkan terbiasa dijamin mau di rumah atau di tempat umum akan tetap berusaha mencuci tangan setiap akan atau sehabis makan. Kebiasaan ini bisa menolong Anda dari bahaya penyakit mematikan.

  3. Tahu apa saja yang boleh berbagi dan tidak
    Beberapa jenis penyakit hepatitis menular lewat kontak fisik dan bahkan pertukaran cairan tubuh. Oleh sebab itu pahami betul apa saja yang baiknya dipakai bersama atau berbagi dan apa saja yang baiknya tidak. Misalnya saja untuk urusan makan, baiknya tidak memakai sendok ataupun piring yang sama kecuali jika terbukti tidak ada yang memiliki hepatitis. Kemudian hindari memakai sikat gigi, gunting kuku, pisau cukur, dan perlengkapan pribadi lainnya untuk dipakai bersama.

  4. Berhubungan seksual secara aman
    Berhubungan seksual ternyata juga menjadi satu diantara beberapa hal yang menyebabkan hepatitis bisa menular. Maka pastikan pasangan Anda memang bebas dari penyakit ini dengan merujuk riwayat medical checkup yang dilakukan pasangan serta history kesehatan keluarga. Apabila berhubungan seksual tanpa status menikah usahakan memakai pengaman seperti kondom, sehingga Anda bisa tetap terlindungi dari penyakit yang menyerang organ hati ini.

Penyakit hepatitis memang bisa disembuhkan setelah penderita menjalani pengobatan secara rutin dan berkala dari dokter. Artinya penyakit ini bisa disembuhkan, dan usahakan penderita tidak malu menyampaikan penyakit ini ke orang sekitar demi menekan resiko banyak yang tertular. Apabila berada dekat dengan penderita Anda masih bisa berinteraksi dengan nyaman asalkan tahu jenis hepatitisnya dan bagaimana skema penularannya. Jadi, usahakan tetap menjaga gaya hidup sehat untuk memperkecil resiko tertular penyakit ini.